EKSPLORASI


KUNJUNGAN USAHA KE DAGADU DJOGJA

Waktu Kunjungan : Rabu, 29 Okt. 2008

Jam : 10 – Selesai

Alamat : Jl. IKIP PGRI 50, Sonopakis, Yogyakarta

PENGAMATAN PRODUKSI

Langkah-langkah dalam produksi kaos dagadu djogja sbb:

  1. Design Tulisan dan Gambar

dimana disinilah letak keunikan dan kreatifitas dagadu djogja, dengan design yang menarik dan kata-kata yang nyentrik, sehingga produk dagadu banyak di gemari oleh masyarakat.

  1. Sementara di ruang potong, ada beberapa pegawai yang menyiapkan (memotong) kain kaos, dengan ukuran yang telah ditentukan.
  2. Selesai memotong kain, masih ada pemilihan bahan (rusak gak di pakai).
  3. Setelah design jadi (cetak), dan bahan (kain) selesai dipotong dan selesai di chek (rusak), maka langkah yang ke-3 adalah proses penyablonan. Kemudian setelah selesai penyablonan dan pengeringan, maka ada tahap pengechekan lagi (produk yang tidak memenuhi syarat).
  4. Setelah selesai tahap penyablonan dan pengeringan, giliran mbak-mbak dan ibu-ibu yang bekerja menjahi kain tersebut menjadi sebuah kaos yang keren abis..
  5. Selesai penjahitan kemudian di ruangan yang berbeda di kasih label, dengan tujuan mempermudah manajement pemasaran dan produksi di PT. Dagadu Djogja.
  6. Baru selesai dikasih label, kemudian kaos-kaos tersebut di paking menjadi paket-paket.
  7. Setelah selesai pemakingan, produk kaos tersebut disimpan di gudang dan siap dikirim untuk dipasarkan.

Begitulah proses pembuatan kaos di PT. Dagadu Djogja, dilihat dari proses produksinya mungkin sama dengan produsen kaos lainnya, tetapi yang sangat membedakan disini adalah designnya yang sangat kreatif dan unik.

Ø INOVASI YANG DI LAKUKAN PT. DAGADU DJOGJA

Ada banyak inovasi-inovasi yang dilakukan oleh PT. Dagadu Djogja, diantaranya adalah:

1. Inovasi dalam produk, dimana dalam memproduksi barang sangat kreatif, terutama pada designnya dan Dagadu mengganti desainnya secara berkala. Dalam seminggu ada empat desain baru yang diluncurkan dan dalam setahun terdapat puluhan desain baru. Desain yang ditampilkan selalu memerhatikan situasi dan kondisi yang ada dalam masyarakat. "Singkatnya sesuai zaman agar masyarakat tidak bosan,".

2. Inovasi dalam pemasaran, dagadu djogja hanya memasarkan produknya di yogkakarta saja, antara lain ( UGD (Unit Gawat DagadU) di Jl. Pakuningratan, POSYANDU (Pos Pelayanan Dagadu) di Lowwer Mallioboro Mall), PESAWAT (Layanan Lewat Kawat) dan DPRD (Djawatan Pelayanan Resmi Dagadu) di Jl. Lasda Adi Sudjipto)

  1. Memberi bingkai estetika pada hal-hal keseharian yang dianggap sederhana dan remeh.
  2. Mengungkapkan gagasan dengan gaya bermain-main yang mudah dipahami.
  3. Memberi penekanan pada aspek keatraktifan melalui bentuk-bentuk sederhana yang mencolok.
  4. Memilih citra fabrikan ketimbang craft atau kerajinan, baik melalui material yang digunakan maupun unsur-unsur desain dari pemilihan warna hingga finishing.

Ø KUNCI SUKSES DAGADU DJOGJA

1. Kreatif dalam produk

2. Mengambil Peluang

3. Optimis

4.Pelayanan Ekstra

5.dll

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top