KEINDAHAN DANAU TONDANO

Sedikit cerita mengenai perjalanan kami ke Sulawesi Selatan, meskipun perjalanan kami merupakan suatu tugas, namun kami sempat menyambangi beberapa tempat wisata, salah satunya ialah danau Tondano. 



Meskipun danau ini tidak terlalu populer di kalangan para wisatawan luar kota, namun danau Tondano merupakan danau terluas di Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya berada di wilayah kabupaten Minahasa. Pemandangan perbukitan Tampusu, pegunungan Lambean, serta adanya Gunung Kaweng dan Masarang menjadikan view sangat menyejukkan hati. Danau tondano memiliki luas lebih dari 4.000 hektar dan masuk wilayah dari 4 kecamatan di Tondano. Yakni kecamatan Tondano Selatan, Kecamatan Rembokan, Kecamatan Eris, dan Kecamatan Tondano Timur.
Selain menjadi tempat wisata, Danau Tondano merupakan tempat bergantung masyarakat di sekitar yang berprofesi sebagai nelayan/ penangkap ikan tawar di danau tersebut. Ketika kami mengunjungi tempat wisata ini, kami memilih untuk bersinggah di rumah warga yang letaknya tidak jauh dari danau tondano. Kami sempat singgah selama 2 hari 3 malam untuk melaksanakan tugas penelitian sekaligus ingin melihat lebih dekat kehidupan masyarakat di sekitar danau. Memang agak susah mencari persinggahan di wilayah ini, karena selain tidak ada penginapan, masyarakat muslim disana juga minoritas sehingga kami memilih untuk bersinggah ke rumah warga muslim yang memang agak jauh dari wilayah tugas kami.

Pada sore hari, biasanya masyarakat di sekitar pergi ke danau menggunakan sampan kecil dan memasang jaring. Sementara jaring ditarik pada keesokan harinya sehabis subuh. Kami sempat dikagetkan dengan hasil tangkapan mereka yang bisa dibilang sangat banyak dengan sedikit waktu untuk menangkapnya. Biasanya mereka mengambil ikan hasil tangkapan untuk kebutuhan makan sehari dan sisanya di lelang ke pasar atau ada pengepul yang mencari hasil tangkapan warga setiap pagi. Namun sayang pada saat kami berkunjung pada akhir tahun 2013 lalu sebagian besar danau tondano banyak ditumbuhi enceng gondok yang menurut warga masyarakat sekitar sangat mengganggu aktivitas dalam mencari ikan. 

Sungguh sesuatu yang sangat mengesankan bagi kami, suatu perjalanan yang benar-benar membuat kami rindu akan suasa tersebut ketika kami kembali mengenangnya. Mudah-mudahan danau tondano senantiasa menjadi surga bagi masyarakat sekitar.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top