Faktor Faktor yang Melatarbelakangi bangsa Eropa Melakukan Penjelajahan Samudra Ke Dunia Timur

Meskipun nenek moyang kita merupakan seorang pelaut namun tidak berarti mereka memiliki wawasan yang luas. Hal ini dibuktikan dengan adanya penjelajahan samudra yang dilakukan oleh orang-orang barat.

Jauh-jauh hari sebelum nenek moyang kita mengerti akan dunia luar, bangsa-bangsa barat telah memiliki suatu keinginan dan pemikiran untuk mencari tempat lain selain di negaranya sebagai sumber kemakmuran bagi mereka.

Dengan adanya keinginan tersebut bangsa eropa melakukan penjelajahan samudra. Banyak faktor-faktor yang melatarbelakangi bangsa eropa melakukan penjelajahan samudra ke dunia timur. Diantaranya akan kami uraikan di bawah ini.
Faktor-faktor yang melatarbelakangi bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra ke dunia timur adalah sebagai berikut.
a. Teori Heliosentris dari Copernicus yang menyatakan bahwa bumi itu bulat mendorong kawan-kawan Copernicus ingin membuktikannya. Salah satunya ialah Ferdinand Magellan, pelaut pertama yang berhasil mengelilingi dunia dan membuktikan bahwa bumi memang bulat, serta laut-laut di bumi saling berhubungan. Teori ini membantah Teori Geosentris dari Ptolomeus yang menyatakan bumi datar.
b. faktor yang melatarbelakangi bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra ke dunia timur yang kedua adalah Kisah perjalanan Marco Polo ke dunia Timur (Cina) yang tertuang dalam buku yang ditulis oleh temannya, Rustichello, yang berjudul The Travels of Marco Polo (Perjalanan Marco Polo). Selama ratusan tahun, catatan perjalanan Marco Polo ini menjadi sumber informasi tentang Cina bagi bangsa Eropa.
c. Penemuan kompas, mesiu, navigasi, peta, dan peralatan pelayaran. Penemuan alat dan teknologi ini juga merupakan salah satu faktor  yang melatarbelakangi bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra ke dunia timur.
d. Adanya ambisi untuk melaksanakan semboyan 3 G, yaitu gold (mencari emas atau kekayaan), glory (mencari keharuman nama, kejayaan, dan kekuasaan), dan gospel (menunaikan tugas suci menyebarkan agama Nasrani).
Portugis dan Spanyol merupakan bangsa Eropa yang menjadi pelopor penjelajahan samudra. Semangat para pelaut inilah yang selanjutnya mendorong penjelajahan samudra oleh bangsa-bangsa Eropa lain.

4 faktor di atas merupakan Faktor-faktor yang melatarbelakangi bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra  ke dunia timur dan lambat laun mengubah pemikiran untuk menguasai belahan bumi lain demi kemakmuran dan kesejahteraan mereka. Semoga bermanfaat.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top