Tips mudik aman dan nyaman bersama anak

Tips mudik aman dan nyaman bersama anak. Kata "mudik" memang sudah terlalu familiar terdengar di telinga kita. Apalagi jika kita merupakan seorang
perantau, kegiatan mudik sebelum lebaran hampir setiap tahun kita lakukan. Disisi lain, tanpa kita sadari mudik sebelum lebaran memiliki banyak resiko.

Banyak Resiko yang kita hadapi ketika mudik sebelum lebaran, mulai dari kecelakaan lalu lintas sampai perampokan. Kecelakaan lalu lintas saat mudik sebelum lebaran sering disebabkan karena beberapa faktor, pertama: kondisi dan situasi jalan sangat padat terutama di hari-hari menjelang lebaran tiba, hal ini mengakibatkan macet dan menumpuknya kendaraan di jalan umum, dengan keadaan seperti ini emosi seseorang akan susah di kendalikan sehingga sering kali terbawa dalam berkendara. Selain itu, kecelakaan lalulintas saat mudik sebelum lebaran sering pula dikarenakan pelanggaran tata tertib yang berlaku.


Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan perjalanan mudik sebelum lebaran apalagi jika anda melakukan perjalanan mudik dengan anak anda ada baiknya anda mencermati tips mudik aman dan nyaman bersama anak di bawah ini.


1. Cek List Barang Bawaan 

Jangan menyepelekan cek list barang yang akan anda bawa mudik sebelum lebaran. Jangan sampai di tengah jalan ternyata ada barang tertinggal. Pastikan anda membuat catatan kecil berupa daftar barang dan perlengkapan yang akan anda bawa di saat mudik nanti.

Apalagi bagi anda yang memiliki anak kecil. Pastikan keperluan dan perlengkapannya terbawa semua, sehingga tidak menyusahkan di waktu perjalanan. Cek list barang bawaan merupakan tips mudik aman dan nyaman bersama anak yang pertama dan paling utama.

2. Pastikan Kondisi Tubuh dalam keadaan Prima 

Meskipun di hari lain anda sering melakukan mudik ke kampung halaman, jangan sekali-kali meremehkan kondisi tubuh anda, memastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima sangat penting dilakukan sebelum mudik sebelum lebaran. Dengan kondisi tubuh anda yang sehat tentunya tidak akan menyulitkan diri anda sendiri maupun orang lain.

3. Periksa Kondisi Kendaraan Anda

 Meskipun angkutan umum di Indonesia cukup banyak, namun banyak dari perantau lebih senang membawa dan mengendarai kendaraan sendiri. Selain lebih nyaman tentunya bagi sebagian orang kendaraan bisa dijadikan ajang legitimasi keberhasilan. Namun perlu anda perhatikan, sebelum anda melakukan perjalanan mudik sebelum lebaran pastikan terlebih dahulu kondisi kendaraan anda mulai dari kelistrikan/ lampu sampai minyak pelumas kendaraan anda. Jangan pelit mengeluarkan kocek untuk service dan ganti spare part kendaraan anda. Jika memang perlu diganti jangan di tunda lagi.!

 4. Jangan Lupakan P3K 

Bagi anda yang akan melakukan mudik sebelum lebaran, baik yang menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi usahakan kotak P3K selalu ada di dalam Tas anda. Meskipun kelihatannya sangat sepele, namun jika terjadi insiden kecil tidak perlu panik dan bingung.

Cek juga obat-obatan pribadi yang sering anda gunakan, jika perlu sediakan vitamin untuk menunjang daya tahan tubuh anda selama perjalanan. Jangan mengenyampingkan pula obat-obatan untuk anak anda, hal ini karena dosis yang dibutuhkan untuk anak-anak berbeda dengan dosis orang dewasa. Jangan sampai anda beri dosis sebagaimana anda mengkonsumsi obat-obatan.

5. Peta Jalur Mudik 

Meskipun anda sudah merasa hafal dengan rute perjalanan ke kampung halaman anda namun tidak ada salahnya mempersiapkan peta jalur mudik dalam perjalanan anda. Kepadatan dan macet di mana-mana sering kali membuat jalur di alihkan. Jika anda tidak membawa peta jalur mudi perjalanan mudik sebelum lebaran anda pasti akan terganggu.

6. Alat Komunikasi Anda 

Tips mudik aman dan nyaman bersama anak berikutnya adalah alat komunikasi. Saya yakin dari anda semua telah memiliki Hand Phone. Untuk memperlancar komunikasi ada baiknya anda mempersiapkan pulsa di atas rata-rata. Jangan sampai saat anda telefon ternyata pulsa anda tidak mencukupi dan harus berhenti di jalan. Meskipun seele, namun hal ini akan sangat mengganggu perjalanan anda. Jangan lupa pula charger nya. Jika memang diperlukan disarankan untuk membawa power bank.

7. Mengutamakan Anak 

Berikutnya Tips mudik aman dan nyaman bersama anak yang terakhir adalah mengutamakan anak. Memberikan mainan yang ia suka selama perjalanan juga merupakan hal penting agar anak tidak rewel di jalan. Terlebih jika anda mudik dengan kendaraan umum, jangan sampai anak anda berdesak-desakan dan terhimpit kerumunan orang, apalagi sampai terpisah dengan anda dan keluarga.

Tidak disarankan membawa anak mudik dengan sepeda motor, karena hal ini sangat membahayakan keselamatan anak anda. Jika diperlukan, istirahatlah sejenak di masjid/ post-post peristirahatan yang biasanya banyak di buka menjelang lebaran, jikapun anda belum merasa lelah, namun sekali lagi utamakan anak anda. Hal yang tidak kalah penting dalam perjalanan mudik sebelum lebaran adalah bekal makanan dan pengetahuan anda mengenai rambu-rambu dan peraturan berlalu lintas.

7 Tips di atas merupakan Tips mudik aman dan nyaman bersama anak. Dengan mencermati hal-hal di atas semoga perjalanan mudi sebelum lebaran anda berjalan dengan aman dan nyaman. Sehingga anda pun sampai kampung halaman dengan selamat dan berkumpul bersama keluarga.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top