5 Tempat Sarapan Enak di Jogja, Sarapan Favorit Kita

5 Tempat Sarapan Enak di Jogja, Sarapan Favorit Kita. Bagi Anda yang sedang berlibur ke jogja, atau mahasiswa perantau yang tinggal di jogja dan bingung mencari sarapan enak di jogja, atau sekedar sebagai variasi menu sarapan agar berbeda dari biasanya di bawah ini merupakan tempat sarapan enak di jogja yang perlu Anda coba.

1. Bubur Ayam Syarifah

Sarapan bubur memang menjadi andalan bagi saya sebagai menu sarapan favorit. Selain di makan saat masih hangat, bumbu dalam kuah yang penuh dengan aneka rempah-rempah memang memberikan sensasi yang enak di lidah. Di kota jogja sendiri warung bubur ayam banyak bertebaran di pinggir jalan, tapi kenapa saya memasukan bubur ayam syarifah sebagai salah satu tempat sarapan enak di jogja? Hal ini karena bagi saya penyajian dan rasa bubur ayam syarifah ini yang paling cocok dengan lidah saya. Kuah yang cukup kental dibandingkan dengan kuah bubur ayam lain memberikan harum dan rasa rempah yang berbeda.

Di jamin gak nyesel deh nyobaik bubur ayam syarifah ini. Di jogja sendiri warung bubur syarifah ini sudah memiliki beberapa cabang, namun saya baru menemukan satu yang menjadi langganan saya yakni di jalan Prof. Herman Yohanes. 

2.  Warung Makan Nasi Kuning Sambal Tuna

Tempat sarapan enak di jogja yang satu ini memang memiliki menu yang biasa saja, namun soal rasa jangan tanya, langsung coba aja deh. 

Warung makan ini terletak di jalan kaliurang sekitar KM 8. Jika Anda dari arah selatan/ UGM lurus saja ke utara sampai menemukan PLN Benteng. Nah tepat di depan PLN Benteng warung makan ini berada.
Sepertinya warung makan ini memang menargetkan untuk dijadikan menu sarapan, makanya jam bukanya pun dari jam enam pagi sampai jam sebelasan siang. Itupun kalau belum habis.kalau pas hari-hari libur biasanya pengunjungnya cukup ramai.

Secara penyajiannya sih gak beda jauh dengan yang lain, namun setelah mencicipi nasi kuning ini ternyata memiliki rasa yang berbeda yang membuat saya keinget waktu bersinggah ke Minahasa yang khas dengan nasi kuning plus abon tuna nya. 
3. Soto Pak Marto Tamansari

Jika Anda tipe orang seperti saya, pasti merasakan adanya kejenuhan jika harus makan pagi itu-itu mulu. Tapi jangan khawatir, perburuan kuliner tempat sarapan enak di jogja masih tetap bisa Anda lakukan di kisaran jogja ini. Kebetulan cuaca lagi dingin dan masih sekitar jam 7 pagi saya sudah nyampe daerah patangpuluhan karena suatu urusan. Yang ada dibenak saya saat itu adalah sarapan, karena memang dari bangun tidur perut ini baru terisi kopi. Tidak fikir panjang saya berhenti di warung soto yang sepertinya sudah rame sekali, pasti enak nih rasanya (fikir ku dalam hati). 

Setelah masuk dan memesan soto baru saya menyadari bahwa tempat ini adalah warung soto pak Marto Tamansari yang sudah tidak asing lagi bagi pemburu kuliner jogja.
Menurut saya, penyajian yang bervariasi sesuai dengan pesanan menjadi kelebihan tersendiri disamping rasa dan kenikmatan yang diberikan soto pak Marto Taman sari ini.

4. Lontong Sayur Priangan

Tempat sarapan enak di jogja berikutnya yang pantas untuk Anda coba adalah lontong sayur Priangan. Warung Sayur Priyangan ini Berada di jalan Sultan Syarif Abdurahman, tepatnya berada di samping Mitra Mart. Meskipun warung makan ini terlihat biasa seperti warung tenda pada umumnya, namun kuah yang disajikan cukup ringan ini sangat terasa sekali kencurnya sehingga memberikan sensasi yang bikin mata melotot. 

Dilihat dari namanya, warung tenda ini sepertinya merupakan orang sunda. Silahkan Anda membuktikannya untuk mencicipi Lontong Sayur Priyangan ini sebagai sarapan pagi Anda.

5. Warung Brongkos Bu Padmi

Siapa sangka berongkos merupakan menu favorit raja Ngayogyakarta, yakni Sri Sultan Hamengkubuwono X. sayur ini identik dengan kacang tolo dan kuah santan yang cukup kental. Sangat cocok bagi Anda penggemar masakan berkuah.

Rasa segar dan kuatnya kaldu dalam sayur ini sangat enak di lidah, bagi saya sendiri sensasi saat menggigit irisan tahu semakin menambah keistimewaan sayur berongkos. Menurut info temen-temen salah satu warung berongkos di jogja yang terkenal adalah warung brongkos bu Padmi. 

Sayangnya letak warung makan ini lumayan jauh dari pusat kota, di tempel, tepatnya di bawah jembatan krasak membuat saya belum sempat mencicipi kenikmatan sayur brongkos buatan bu Padmi ini. Konon Pak Bondan yang sering makan di tipi itu juga udah pernah sarapan di warung berongkos bu Padmi ini. Moga aja kelak saya berkesempatan untuk mencicipinya.

Di atas merupakan referensi tempat sarapan enak di jogja yang perlu Anda coba. Jangan lupa komeng yang kalau udah nyobain sarapan di tempat-tempat tersebut.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top