7 Amalan Terbaik Di Bulan Puasa

7 Amalan Terbaik Di Bulan Puasa


Bulan puasa kembali hadir menghampiri kita. Muslim mana yang tak bahagia dengan kehadiran bulan penuh berkah ini dimana pahala dilipat gandakan oleh Allah SWT, bayangkan saja, pahala sholat yang biasa kita kerjakan dilipatgandakan menjadi 70 kali lipat di bulan Ramadhan ini, inilah salah satu bukti bahwa Allah Maha Pemurah.

Perlu kita syukuri pertemuan kita dengan bulan Ramadhan tahun ini, karena banyak orang-orang di sekeliling kita yang kurang beruntung untuk beribadah di bulan ini karena terlebih dahulu menghadap kepada Sang Pencipta. Kita sebagai manusia sudah sepantasnya untuk bersyukur akan karunia kesempatan yang telah kita miliki dan jangan menyia-nyiakan kesempatan ini.

Bicara mengenai kesempatan tentunya kita akan memahami hakikat keistimewaan bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Banyak amalan di bulan puasa yang dapat kita kerjakan untuk menambah pahala puasa sehingga mendapat berkah yang lebih istimewa.

Di bawah ini akan kami uraikan secara singkat mengenai amalan terbaik menambah pahala di bulan puasa agar segera mendapat berkah (amalan di bulan puasa) yang kita rangkum dengan judul 7 Amalan terbaik di Bulan Puasa.

• Membaca Al-Qur’an
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmizi mengenai pahala seseorang yang membaca al-qur’an sangat banyak dan beragam. Salah satunya adalah sbb:

Ibnu Mas’ud berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran ), ia akan mendapatkan satu kebaikan yang nilainya sama dengan 10 kali ganjaran (pahala). Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR Tirmidzi). 

Luar biasa, jika hitungan dagang tentunya kita akan sangat kaya akan keuntungan. Hanya saja keuntungan kita dapat kita panen kelak di akhirat. Jika dalam bacaan basmalah saja terdapat 19 huruf maka dalam 30 juzz berapa banyak nilai pahala yang akan kita panen kelak, subhanallah. Dengan memperbanyak membaca alquran pasti nilai ibadah puasa kita akan lebih banyak.

Tak perlu mengganggu aktifitas kerja, karena membaca alquran ini mudah kita kerjakan di waktu-waktu senggang seperti setelah sholat maupun setelah sahur sambil menunggu adzan subuh berkumandang. Lebih baik lagi jika kita mampu membaca sambil memahami isi dan kandungan di dalamnya, hal ini tidak akan sulit, karena alquran sekarang banyak yang di cetak dengan menggunakan terjemah bahasa indonesia. Membaca alquran merupakan salah satu dari 7 Amalan terbaik di Bulan Puasa .

• Shalat sunah

Sudah sewajarnya jika kita termotivasi untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak shalat sunah. Sholat sunah teraweh menjadi salah satu menu ibadah kita khusus di bulan puasa. Sudah gak usah fikirin mana yang benar yang 11 rakaat maupun yang 23 rakaat toh keduanya juga sama-sama mengharap pahala dari Allah SWT. Yang terpenting adalah ikhlas mengerjakannya agar ibadah kita tidak sia-sia. Inilah keistimewaan shalat sunah teraweh yang adanya hanya di bulan puasa saja. Maka dari itu shalat sunah teraweh termasuk dari 7 Amalan terbaik di Bulan Puasa.

• Shalat Berjamaah
Bagi sebagian orang melaksanakan shalat berjamaah telah menjadi rutinitas dan kebiasaan. Namun bagi kita yang selama ini masih mengesampingkan untuk shalat berjamaah bulan ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk kita memulai kebiasaan dan rutinitas baru untuk shalat berjamaah di tiap-tiap shalat 5 waktu. Jika dalam bulan-bulan biasa pahala shalat berjamaah dilipatgandakan 27 derajat apalagi di bulan penuh berkah ini, so pasti lebih banyak lagi kemurahan yang diberikan Allah SWT.

• Sedekah
Bulan puasa memang sangat sangat istimewa dan penuh berkah. Wajar saja jika muslim dan muslimah mulai dari anak-anak sampai orang tua merasa bahagia dengan kedatangan bulan Ramadhan ini. Bagi kita yang merasa berkecukupan alangkah baiknya menyisihkan sebagian dari rezeki kita untuk orang lain. Apa lagi di bulan penuh berkah ini segala amal kebaikan dilipatgandakan. Jika memiliki waktu yang cukup coba luangkan lah sedikit waktu untuk berkunjung ke panti asuhan maupun panti jompo yang sepertinya keadaan mereka kurang seberuntung kita.

Dengan sedikit banyak mengetahui kehidupan mereka pasti akan membuat kita semakin bersyukur atas apa yang diberikan Sang Pencipta kepada kita dan keluarga. Dalam alquran sendiri banyak ayat yang membahas mengenai pentingnya sedekah bagi kita, salah satunya adalah sbb:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS.Al-Baqarah:261). 

Saya sendiri meyakini sedekah ini merupakan salah satu dari 7 Amalan terbaik di Bulan Puasa yang pantut dan pantas untuk kita kerjakan.

• Perbanyak Dzikir dan Istighfar
Sebenarnya bacaan dzikir ini sangat beragam. Mulai dari bacaan dzikir habis shalat sampai bacaan dzikir sore dan pagi hari seperti al mattsurat dan lain sebagainya banyak yang dapat kita lakukan. Dan tentunya tidak terlalu menyita waktu karena bisa kita kerjakan sambil melakukan kegiatan lain. Untuk memulainya anda bisa memperbanyak membaca bacaan istighfar agar terlebih dahulu melunturkan dosa-dosa yang kita punya.

• Menahan Hawa Nafsu
Yang namanya hawa nafsu bukan sekedar mengenai hawa nafsu sex kita namun yang dimaksud menahan hawa nafsu di sini termasuk dalam perkara makan dan minum. Suatu pelajaran yang sangat luar biasa agama Islam memberikan perintah berpuasa yang akhir-akhir ini banyak diteliti para ilmuwan yang ternyata banyak manfaat secara medis dalam berpuasa ini.

• I’tikaf
 Sepuluh hari terakhir di bulan ramadhan merupakan hari-hari paling menegangkan, antara tuntusnya ibadah puasa kita sampai fikiran dan bayangan dapatkah kita kembali bertemu dengan bulan puasa tahun depan menjadi motivasi tersendiri dalam melaksanakan ibadah. Salah satu ibadah sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan adalah I’tikaf. I’tikaf adalah penyempurna dari ibadah-ibadah kita selama bulan ramadhan. I’tikaf sendiri berarti berkonsentrasi menghadapkan diri kepada Allah SWT yang dapat kita laksanakan di tempat Ibadah seperti Masjid dan Mushola. I’tikaf merupakan amalan terbaik di antara 7 Amalan terbaik di Bulan Puasa .

Dengan memahami 7 Amalan terbaik di Bulan Puasa di atas semoga amal ibadah kita lebih sempurna di bulan ramadhan kali ini. Marilah kita saling mendoakan semoga amal ibadah kita selama ini di terima dan mendapat pahala dari Allah SWT, dan yang terpenting semoga momentum ramadhan 1435 H ini menjadi moment yang tepat untuk kita memperbaiki diri dan mendekatkan diri pada Sang Pencipta



Amalan Terbaik Di Bulan Puasa, amalan terbaik menambah pahala di bulan puasa agar segera mendapat berkah, shalat sunah teraweh, ibadah di bulan puasa, rukun dan syarat I’tikaf,  bacaan istighfar di bulan puasa, bacaan dzikir di bulan puasa.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top