Bangsa Pelopor Penjelajahan Samudra


Bangsa Pelopor Penjelajahan Samudra

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa pelopor penjelajahan samudra adalah bangsa Eropa, bukan Indonesia lho ya.. kalau nenek moyang kita mah seorang pelaut yang mencari ikan, bukan mencari benua hehe. 

Kembali ke topik bangsa pelopor penjelajahan samudra di antaranya adalah bangsa portugis, bangsa spanyol, bangsa Inggris, Belanda, Prancis, dan Denmark. 

Sebelum membahas mengenai bangsa-bangsa di atas ada baiknya anda ketahui bahwa penjelajahan samudra oleh bangsa-bangsa barat tidak serta merta berjalan dengan lancar dan damai. Sebagaimana hukum manusiawi yang ada, “dimana ada kekayaan dan kekuasaan di situ ada perebutan. Demikian pula dalam hal penjelajahan samudra juga ada pertikaian dan permasalahan antar penjelajah, terutama antar negara penjelajah. Salah satu perselisihan yang tercatat dalam sejarah adalah perselisihan bangsa spanyol dan portugis mengenai daerah penjelajahan. Dengan adanya perselisihan dan persaingan ini kemudian lahir perjanjian Tordesillas pada tanggal 7 juni tahun 1494. Perjanjian ini merupakan perjanjian yang diputuskan oleh Paus yang pada saat itu kekuasaannya meliputi kekuasaan ekonomi, politik, dan sosial. 

Isi dari perjanjian Tordesillas adalah Paus membagi daerah kekuasaan di dunia non-Kristiani menjadi dua bagian dengan batas garis demarkasi/khayal yang membentang dari kutub Utara ke kutub Selatan. Daerah sebelah Timur garis khayal adalah jalur/kekuasaan Portugis, sedangkan daerah sebelah Barat garis khayal adalah jalur Spanyol. 

kembali lagi ke topik bangsa pelopor penjelajahan samudra. Di bawah akan diuraikan secara singkat mengenai bangsa pelopor penjelajahan samudra.

BANGSA PORTUGIS
Pada tahun 1487 seorang berkebangsaan portugis yakni Diaz melakukan penelusuran di sepanjang pantai barat afrika hingga tanjung harapan. Pada perjalanannya ini dia harus kembali pulang karena keadaan cuaca yang buruk dan besarnya topan di lautan lepas, di samping itu para awak kapal yang dinahkodainya pada memberontak. (ya iya lah sekian lama gak ketemu anak bini)

Dengan kembalinya Diaz ke Portugis maka berakhirlah masa penjelajahannya. Baru setelah 10 tahun dari penjelajahan pertama tersebut kembali seorang berkebangsaan Portugis melakukan penjelajahan samudra yakni Vasco Da Gama.  

Vasco Da Gama melakukan penjelajahan cukup lama, yakni sekitar 2 tahun pelayaran (busyet). Dengan belajar dari pengalaman Diaz yang gagal melakukan penjelajahan Vasco Da Gama pulang dengan keberhasilan yang memuaskan. Dia kembali ke Lisbon dengan membawa contoh barang dari India. 


BANGSA SPANYOL
Bangsa yang memiliki kekuasaan dan peradaban yang cukup tinggi pada tahun 1492 ini juga ambil bagian dalam penjelajahan samudra sehingga termasuk bangsa pelopor penjelajahan samudra. Adalah Christoper Columbus, seorang kepala kapal yang dipercayai Ratu Isabella untuk melakukan ekspedisi ke dunia luar. Berbekal dari Kerajaan Christoper Columbus melakukan penjelajahan samudra dengan rombongan yang terbagi dalam 3 kapal. 

San Salvador merupakan salah satu pulau yang di singgahi sekaligus diberi nama olehnya. Selama 10 tahun  Christoper Columbus tercatat melakukan penjelajahan samudra sebanyak 4 kali dan berhasil menemukan Dominika, San Salvador, Jamaika, Kuba, Puerto Rico, Honduras dan Trinidad.


Spanyol dan Portugis merupakan dua di antara sekian banyak Bangsa Pelopor Penjelajahan Samudra. Semoga menjadi inspirasi anda untuk senantiasa melakukan ekspedisi dan percobaan dalam hal positif tentunya.

 Bangsa Pelopor Penjelajahan Samudra, pelopor penjelajahan samudra, para penemu samudra, para penemu pulau, perjalanan Christoper Columbus,

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top