Cara Budidaya Jamur Merang Dengan Media Serbuk Kayu

Cara Budidaya Jamur Merang Dengan Media Serbuk Kayu. Inovasi di dunia budidaya jamur merang memang memiliki tingkat partisipasi yang cukup tinggi dari para pelaku bisnis budidaya jamur merang. Selain cara budidaya jamur merang dengan media kardus Anda juga bisa mencoba budidaya jamur merang dengan media serbuk kayu.

Pada intinya, media yang digunakan para pelaku bisnis budidaya jamur merang memanfaatkan limbah yang mudah di dapatkan di daerah masing-masing. 

Langkah-langkah dalam Mempersiapkan media tanam budidaya jamur merang dengan media serbuk kayu dapat Anda lakukan sbb:

  1. Mempersiapkan semua Alat dan Bahan.
  2.  Masukkan Serbuk kayu ke dalam polibag dan pasang ring di ujung plastik. Jangan lupa untuk menutup lubang dengan kapas untuk menghindari adanya air di dalam media tersebut. 
  3.  Sterilisasi dengan menguapi media tersebut pada suhu 96-120 derajat. Proses ini harus anda lakukan minimal 6 jam hingga 8 jam. 
  4.  Selanjutnya adalah proses penanaman. Proses penanaman sebaiknya dilakukan setelah suhu media tanam benar-benar normal/ dingin. 
  5.  Inkubasi. proses inkubasi ini sebaiknya anda lakukan selama 5 hingga 8 minggu pada tingkat suhu 28 hingga 35 derajat  dan kelembapan mencapai 80 persen. Kegagalan dalam inkubasi ini biasanya dapat terlihat pada minggu ke 5, jika pada minggu ini tidak terdapat tanda-tanda tumbuhnya jamur kemungkinan inkubasi gagal. 
  6.  Pindahkan hasil inkubasi ke kumbung sebagaimana biasanya. 
  7.  Menjaga kelembaban. Pada proses ini anda bisa melubangi plastik dengan alat yang steril. Penyiraman sebaiknya dilakukan tiap 2 sampai 4 kali dalam sehari, lakukan proses ini dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. 
  8. Jika keseluruhan proses berhasil, maka anda bisa memulai untuk memanen hasil budidaya jamur Anda.
Perlu menjadi catatan: cara budidaya jamur dengan media serbuk kayu tidaklah 100% menggunakan serbuk kayu, namun diberi campuran seperti kapur, bekatul, dan Air. Fermentasi yang ideal dilakukan selama 3-5 hari. 

Untuk budidaya jamur menggunakan media serbuk kayu secara bisnis sebaiknya terlebih dahulu anda konsultasikan dengan para pelaku bisnis. Agar gambaran mengenai hasil dan laba dapat anda pertimbangkan dengan resiko yang ada.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top