Pengertian Laboratorium dan Manfaatnya

Pengertian Laboratorium dan Manfaatnya


Istilah laboratorium berasal dari bahasa Latin, yaitu “Labora” yang  berarti bekerja. Secara umum laboratorium didefinisikan sebagi tempat bekerja, yaitu bangunan, gedung atau ruangan yang dilengkapi peralatan (instrumen) untuk melakukan pekerjaan ilmiah seperti riset, demonstrasi, dan diskusi. Di samping itu, yang dimaksud dengan laboratorium secara umum adalah:

1.        bangunan, atau ruangan untuk melakukan penyelidikan atau eksperimen secara ilmiah maupun teknis.
2.       Situasi atau tempat yang menyediakan sarana untuk melakukan studi, observasi atau eksperimen.
3.       Tempat dimana bahan kimia dan obat-obatan disiapkan.

Saat ini, laboratorium banyak dijumpai di berbagai tempat, seperti rumah sakit, apotik, poliklinik, pabrik, proyek-proyek besar, dan lembaga pendidikan. Masing-masing laboratorium itu mempunyai fungsi dan tugas yang tidak sama, sehingga bila didefinisikan akan menghasilkan definisi yang berbeda. Salah satu jenis laboratorium adalah laboratorium pendidikan. Suatu tempat dimana siswa dapat melakukan kegiatan praktikum untuk memperoleh pengetahuan praktis yang sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajarinya.

Laboratorium tidak semata-mata terdapat di bidang studi eksakta (sain dan teknologi) melainkan terdapat juga pada bidang studi ilmu pengetahuan sosial (SEJARAH). Adapun yang dimaksud dengan laboratorium SEJARAH adalah pusat kegiatan belajar-mengajar bidang studi SEJARAH, baik dilakukan oleh guru maupun siswa. dan dimana miniatur kehidupan kemasyarakatan dapat terlihat.

 Manfaat Laboratorium
Pendirian laboratorium sejarah di instansi pendidikan dimaksudkan sebagai sarana penunjang pelaksanaan tugas-tugas pokok sekolah dalam bidang akademik. Bertolak dari fungsi tersebut, tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:
1. Memperbanyak dan meningkatkan khasanah pengetahuan bidang SEJARAH. Menjalankan fungsi pengembangan bidang studi SEJARAH yang meliputi sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi dan tata negara.
2. Meningkatkan ketrampilan penelitian bidang studi SEJARAH.
3. Mempersiapkan dan menyediakan media pengajaran untuk melayani kepentingan sekolah. 

Penelusuran di atas dengan: manfaat laboratorium, artikel manfaat laboratorium, fungsi laboratorium, pengertian laboratorium, fungsi laboratorium, teknik laboratorium, fungsi laboratorium bahasa, fungsi laboratorium klinik, fungsi laboratorium kimia.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top