Semboyan Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra

Semboyan bangsa barat melakukan penjelajahan samudra.Sebagaimana kita melakukan sesuatu, tentu bangsa barat juga memiliki tujuan dalam melakukan penjelajahan samudra. Meskipun banyak faktor yang melatarbelakangi bangsa barat melakukan penjelajahan samudra namun keseluruhannya bertujuan ke 3G. apa semboyan 3 G ini? Dalam sejarah indonesia dikenal sebutan Semboyan bangsa barat melakukan penjelajahan samudra dan terkenal dengan julukan 3G. 

Mengenai pengertian dan apa saja Semboyan bangsa barat melakukan penjelajahan samudra di bawah akan kami uraikan mengenai semboyan 3 G.

Pengertian semboyan 3G
Semboyan 3G merupakan motivasi terbesar bangsa-bangsa barat melakukan penjelajahan samudra. Pada dasarnya semboyan ini merupakan inti dari imperialisme barat. Terkenal dengan sebutan 3G karena memang semboyan tersebut berawalan dengan huruf “G” yakni Gold, Glory, dan Gospel.
Apa yang dimaksud dengan Gold, Glory, dan Gospel?

 Gold
Salah satu semboyan dan tujuan dari penjelajahan samudra yang dilakukan oleh bangsa barat adalah “GOLD”. Gold sendiri memiliki arti Emas yang secara filsafat merupakan kekayaan. Dengan adanya semboyan ini bangsa barat bertujuan untuk mencari kekayaan dengan melakukan ekspedisi dan penjelajahan. 

Glory
Dalam bahasa indonesia Kata glory memiliki arti kejayaan. Salah satu semboyan ini merupakan motivasi bangsa barat melakukan penjelajahan samudra. Dengan tujuan mencari kejayaan bangsa barat berharap mampu menguasai dunia luar dengan visi utama mencari kejayaan bagi diri mereka. Mereka yakin dengan menguasai dunia dapat mengantarkan mereka dalam kejayaan, baik kejayaan ekonomi, sosial, maupun yang lainnya.

Gospel
“G” terakhir dari semboyan 3G adalah Gospel. Gospel adalah keinginan bangsa barat untuk menyebar luaskan atau mengajarkan agama nasrani khususnya kristen ke dunia luar. Dengan semboyan keagamaan ini biasanya membuat seseorang merasa tujuan dari semuanya merupakan kebenaran Tuhan. Di Indonesia sendiri ajaran kristen yang dibawa bangsa barat mampu berkembang pesat di penjuru tanah air yang sempat di sambangi oleh orang-orang barat. 

Di atas merupakan uraian dari pengertian Gold Glory dan Gospel yang menjadi semboyan atau slogan bangsa barat melakukan penjelajahan samudra hingga mampu menjajah negara-negara timur dalam beberapa periode. Semoga dapat menambah wawasan anda.
 Baca Juga:

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top