Adab Melaksanakan I’tikaf di Masjid

Adab Melaksanakan I’tikaf di Masjid. Bulan ramadhan kiranya perlahan mulai berlalu. Sebagai umat muslim yang merindukan bulan ramadhan tentunya tidak ingin bulan ramadhan terlewatkan begitu saja tanpa ibadah yang lebih baik daripada bulan-bulan sebelumnya. Salah satu cara untuk menambah amalan di bulan puasa adalah melaksanakan I’tikaf. Di bawah ini akan kami uraikan mengenai pengertian I’tikaf serta Adab Melaksanakan I’tikaf di Masjid. 

Pengertian I’tikaf
Menurut bahasa I’tikaf  berarti berdiam diri dan menetap dalam suatu tempat. Sementara para ulama berpendapat bahwa I’tikaf ialah berdiam diri di dalam masjid dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Waktu Pelaksanaan I’tikaf
Para ulama berpendapat bahwa I’tikaf bisa dilaksanakan sepanjang bulan Ramadhan, namun mengingat kita juga memiliki tanggungan untuk bekerja maka waktu yang paling utama untuk melaksanakan I’tikaf ialah pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. 

Durasi I’tikaf sendiri masih menjadi perbedaan berbagai kalangan. Ada yang berpendapat bahwa I’tikaf dapat dilakukan dalam waktu sebentar namun ada pula yang berpendapat bahwa I’tikaf dapat dilaksanakan paling tidak selama sehari semalam.

i'tikaf-di-masjid
Dalam Adab Melaksanakan I’tikaf di Masjid dianjurkan untuk tidak keluar dari masjid. Dengan kata lain seseorang yang melaksanakan I’tikaf harus senantiasa berada di dalam masjid kecuali karena alasan syar’i seperti: keperluan hajad seseorang (buang air besar maupun kecil), mandi janabah, maupun dalam situasi darurat (perang, dan lain sebagainya).

Syarat-syarat I’tikaf
Sebagaimana ibadah yang lainnya, I’tikaf juga memiliki syarat dalam mengerjakannya. Syarat-syarat tersebut ialah:
Beragama Islam
Memasuki Usia Baligh
Dilaksanakan di Masjid 
Niat beri’ktikaf untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT

Ibadah dalam I’tikaf
Meskipun pengertian I’tikaf menurut bahasa berdiam diri di dalam masjid, namun Nabi Muhammad SAW menyampaikan bahwa dalam beriktikaf dapat dilaksanakan beberapa ibadah, yakni:
Sholat Sunat
Tadarus/ Membaca Al-Qur’an dan
Berdo’a (termasuk Berdzikir)

Semoga artikel mengenai Adab Melaksanakan I’tikaf di Masjid yang kami uraikan tersebut dapat bermanfaat bagi Anda. Mari kencangkan ikat pinggang di 10 hari terakhir bulan puasa ini.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top