Ini Penyebab Tanah Gambut Kurang Subur Untuk Digunakan

Apa yang kamu ketahui mengenai jenis tanah?
Secara umum tanah memiliki berbagai jenis, salah satu jenis tanah yang sering dijumpai adalah tanah gambut. Untuk lebih memahami mengenai lahan gambut, silahkan simak artikel di bawah ini.

Pengertian tanah gambut

Tanah gambut merupakan jenis tanah yang terjadi akibat proses pembusukan tidak sempurna. Struktur dari tanah ini berasal dari sisa tumbuh-tumbuhan, ketidaksempurnaan proses pembusukan biasanya disebabkan karena tingginya kadar asam pada daerah tersebut. Proses pembusukan tidak sempurna inilah yang menjadi penyebab tanah gambut kurang subur untuk digunakan sebagai lahan pertanian. Di Indonesia sendiri keberadaan tanah ini sering dijumpai di daerah-daerah becek dan berawa seperti Kalimantan, Papua, dan Sumatera.

Ciri-ciri tanah gambut

Tanah gambut memiliki ciri sebagai berikut:
Daerah yang memiliki jenis tanah gambut seringkali digenangi air.
Memiliki kandungan garam tinggi.
Ketebalan mencapai setengah meter lebih.
Berwarna hitam kecoklat-coklatan.
Pembusukan dari bahan organik yang terkandung di dalamnya tidak sempurna.

Dari ciri-ciri di atas dapat kita ketahui bahwa struktur tanah dengan ciri tersebut tidak cocok untuk digunakan sebagai lahan pertanian. Meskipun ada tumbuhan yang mampu hidup dalam kondisi tanah seperti ini namun jenis tumbuhan tersebut sangat tertentu.

Manfaat Lahan gambut

Meskipun tidak cocok digunakan sebagai lahan pertanian, tanah gambut tetap masih bisa dimanfaatkan oleh manusia. Salah satu kegunaan tanah gambut yakni sebagai sumber energi. Dalam pemanfaatan tanah gambut sebagai sumber energi memiliki proses yang cukup sederhana, pada dasarnya struktur tanah yang terdiri dari bahan organik tersebut di peras dan di tekan guna mengeluarkan kandungan air yang terdapat di dalamnya. Setelah kandungan air berkurang gambut kemudian dijemur. 

pengertian-tanah-gambutHasil dari sebagai bahan bakar rumah tangga dalam keperluan memasak. Bahkan di negara Firlandia keberadaan lahan gambut ini dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Gambut).

Dari uraian di atas semoga dapat menambah wawasan kamu mengenai pengertian tanah gambut, ciri-ciri tanah gambut, penyebab tanah gambut kurang subur, serta manfaat lahan gambut yang dapat kita jadikan inspirasi.
Baca Juga:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top