Manfaat dan Contoh Gotong Royong Bagi Masyarakat dan Sekolah

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama mengenai pengertian gotong royong yang sempat saya posting dalam artikel sebelumnya. Kali ini kita akan mencoba membahas mengenai manfaat gotong royong bagi masyarakat Indonesia.

Selain mempercepat dalam melakukan suatu pekerjaan/ tujuan gotong royong memiliki banyak manfaat. Manfaat yang dapat diambil dari budaya masyarakat Indonesia diantaranya adalah:

•    Menumbuhkan rasa solidaritas.
Jika kebudayaan gotong royong tetap terjaga dalam kehidupan bermasyarakat tentunya solidaritas antar warga akan terjalin dengan baik.

•    Menumbuhkan sikap kebersamaan.
Dalam suatu lingkungan tentunya harus terjalin kerukunan antar penghuninya. Dengan adanya gotong royong kita sering kali berinteraksi dengan tetangga dan masyarakat sekitar sehingga akan menumbuhkan sikap kebersamaan dalam sebuah lingkungan, baik lingkup RT, RW, maupun lingkup yang lebih besar.

•    Meringankan beban pekerjaan
Sewaktu saya kecil dulu gotong royong menjadi hal yang sering dilakukan oleh penduduk desa baik dalam pembuatan rumah, jembatan, pengerasan jalan, dll. Dengan pengerjaan yang dilakukan orang banyak tentu pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan & lebih ringan dalam mengerjakannya.
contoh-gotong-royong-di-sekolah

Dengan mengetahui banyak manfaat gotong royong bagi masyarakat tentunya kita semua tidak ingin kehilangan budaya yang sangat mulia tersebut. Namun apa daya, tuntutan pekerjaan & rutinitas kehidupan sehari-hari mau tidak mau pasti akan melunturkan kebudayaan khas Indonesia ini.

Contoh Gotong Royong Di Masyarakat Dan Di Sekolah
Di Masyarakat
Contoh gotong royong dalam masyarakat sangatlah mudah kita temukan dilingkungan kita, diantaranya adalah:
•    Membersihkan jalan kampung dan selokan.
•    Membangun poskampling dengan swadaya masyarakat sekitar dan,
•    Membersihkan gorong-gorong di lingkungan dusun.
Di Sekolah
•    Membersihkan lingkungan kelas dan lingkungan sekolah.
•    Mengecat pagar sekolah.
•    Membersihkan dan menanam tanaman di taman sekolah.

Semoga artikel manfaat gotong royong bagi masyarakat Indonesia di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi sekaligus motivasi untuk senantiasa menjaga kebudayaan luluhur kita.
Baca Juga:
1. Kerja Bakti Merupakan Warisan Leluhur yang Harus dijaga.
2. Pengertian dan Macam Permainan Tradisional Berbagai Daerah.
3. Biodata Pangeran Diponegoro.
4. Disinilah Makam Pangeran Diponegoro.
5. Sejarah Danau Tondano.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top