Pithecantroupus Erectus, Manusia Purba Trinil yang Mendunia

Siapa sangka dari bumi pertiwi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang arkeolog semakin tumbuh. Bagaimana tidak, Indonesia yang terkenal akan negara kepulauan memiliki cerita sejarah yang menakjubkan. Salah satu tonggak sejarah muncul dari peradaban masa lalu manusia, yakni ditemukannya fosil manusia purba di daerah trinil. Seperti apa kisah selanjutnya silahkan simak dibawah ini.

Trinil merupakan salah satu situs purba yang berada di Kabupaten Ngawi, tepatnya berada di Desa Kawu, Kedunggaran, Ngawi, Jawa Timur. Di tempat inilah fosil Pithecanthropus erectus pertama kali ditemukan di Indonesia. Adalah Eugene Dubois yang menjadi penemu fosil di Trinil tahun 1891. Ahli anatomi ini juga menemukan berbagai fosil tumbuhan dan hewan yang diperkirakan telah ada sekitar satu juta tahun yang lalu.

Jenis manusia purba yang ditemukan di trinil merupakan salah satu dari tiga jenis Pithecantropus, Pithecantropus sendiri memiliki 3 jenis yang berbeda, yakni Pithecanthropus Erectus yang artinya manusia kera yang berjalan tegak, Pithecanthropus Soloensis, dan  Pithecanthropus Mojokertensis. Dari ketiga jenis  Pithecantropus tersebut Pithecantropus Erectus merupakan jenis manusia purba yang ditemukan fosilnya pertama kali yakni pada tahun 1890 di Trinil. Sementara yang lainnya merupakan penemuan-penemuan berikutnya yang terdapat di solo dan mojokerto.
koleksi-situs-manusia-purba-trinil
Dari penemuan fosil di Trinil dapat diketahui Pithecantropus Erectus memiliki ciri-ciri berbadan tegap, tinggi badan berkisar antara 160 cm s/d 180 cm, memiliki otot rahang yang lebih lemah dari Meganthropus, Bentuk kening yang tebal, serta hidung melebar, dan tulang dagu tidak terlihat jelas.
Dari penemuan ini pula dapat ditarik garis merah bahwa jenis manusia Pithecantropus Erectus merupakan pemakan tumbuhan dan daging hewan.

Nah bagi anda yang ingin mengenal lebih jauh mengenai manusia purba, tidak ada salahnya berkunjung ke museum Trinil. Di museum ini setidaknya kita dapat berlajar tentang manusia purba yang ditemukan di trinil dan fosil hewan serta tumbuhan purba yang hidup sekitar 1 juta tahun yang lalu.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top