Mengenal Permainan Tradisional Dakon

Dakon/ congklak memang sangat populer di kalangan anak-anak tempo dulu. Bahkan sampai saat ini permainan tradisional congklak masih sering dimainkan oleh anak-anak Indonesia. Di bawah ini akan kami uraikan mengenai gambaran dan sejarah permainan tradisional dakon atau yang sering juga disebut dengan congklak.

Gambaran

Congklak merupakan mainan yang dimainkan oleh dua orang yang saling berhadapan dengan menggunakan papan berbentuk pipih dan terdapat cekungan berderet secara pararel. Sementara di ujung kanan dan kiri terdapat masing-masing satu cekungan yang lebih besar dan berfungsi sebagai induk cekungan dari masing-masing pemain. Selain papan, congklak juga dimainkan dengan biji (benda kecil yang menyerupai kerikil).

Cara memainkan congklak sangatlah mudah, hanya dengan memutar dan menjatuhkan biji dari satu cekungan melingkar ke cekungan yang lain sampai habis dalam satu putaran. Pemenang dalam congklak ini adalah dia yang dapat mengumpulkan biji di dalam satu lubang yang terdapat di ujung kanan dan kiri dari papan.

Sejarah

Congklak merupakan jenis mainan yang cukup terkenal keberadaanya di berbagai wilayah Indonesia. Salah satunya adalah wilayah jawa dibeberapa tempat lain dikenal dengan sebutan congkak/ congklak. Namun baru-baru ini terdapat penemuan yang cukup mengejutkan, yakni penemuan lempengan batu kapur yang menyerupai dengan papan congklak di Yordania.

Dari hasil penelitian penemuan benda tersebut, diyakini usianya berkisar antara 5.000 s/d 7.000 SM. Ada 2 teori yang menjelaskan mengenai asal mula mainan ini, pendapat pertama menyebutkan bahwa congklak  berasal dari Arab. Sementara pendapat kedua meyakini bahwa congklak berasal dari Timur kemudian menyebar ke Afrika dan selanjutnya menyebar ke Asia seiring berkembangnya perdagangan barang & perdagangan budak antar negara. Meskipun ada yang meyakini dengan penelitian tersebut, namun sejarah dari dolanan ini masih saja menyimpan misteri di dalamnya. Yang terpenting untuk saat ini adalah bagaimana kita dapat melestarikan mainan tersebut sehingga menjadikan kekayaan tersendiri bagi bangsa kita khususnya di bidang kebudayaan.

Dengan mengetahui gambaran maupun sejarah congklak di atas semoga dapat menambah wawasan kita khususnya di bidang kebudayaan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top