Pengertian dan unsur kebudayaan yang perlu anda tahu

Sebagai bangsa yang berbudaya tentunya kita senantiasa menemukan hasil kebudayaan di sekitar kita, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Bagi kamu yang sedang belajar mengenai kebudayaan di bawah ini akan kami uraikan mengenai pengertian dan unsur kebudayaan. Selamat belajar.

Pengertian Kebudayaan

Menurut Bahasa

Tahukah kamu bahwa kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta?
Dalam bahasa sansekerta berasal dari kata “budh” yang bermakna “akal” pada perkembangannya berubaha menjadi “budhi”, sementara dalam kalimat majemuk menjadi “budhaya” yang memiliki arti “pemikiran manusia/ akal manusia”.

Nah selain pendapat tersebut diatas masih ada lagi pendapat yang kedua bro..
Pendapat yang kedua ini meyakini bahwa kata “kebudayaan” berasal dari 2 kata yakni “budi” dan “daya” yang masing-masing memiliki makna “akal” dan “perbuatan”. Dari kedua kata tersebut kebudayaan diyakini memiliki arti sesuatu yang dihasilkan dari hasil akal dan usaha seseorang.

Menurut Para Ahli Manca Negara

Ada beberapa ahli yang menyatakan mengenai pengertian kebudayaan, diantaranya adalah sebagai berikut:
A.    Richard Brisling
Brisling berpendapat kebudayaan adalah cita-cita bersama (sekelompok manusia) yang menjadi doktrik baik secara sadar maupun tidak sadar sehingga berakhir menjadi pembenaran terhadap sesuatu oleh masyarakat.

B.    Nostrand
Nostrand berpendapat bahwa budaya merupakan cara berfikir, berperilaku, dan mengingat bersama orang lain dalam suatu komunitas.

C.    Smalley dan Larson
“blue print” merupakan pendapat smalley mengenai kebudayaan yang memiliki makan memandu perilaku seseorang dalam suatu masyarakat dan diadobsi dalam kehidupan rumah tangga.

D.    Croydon
Menurut croydon budaya adalah sistem terpadu yang mayoritas berada pada ketidak sadaran yang membentuk pola terpadu.
Menurut Para Ahli Indonesia

A.    Ki Hajar Dewantara
Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa kebudayaan berarti hasil perjuangan manusia
usaha seseorang terhadap pengaruh zaman dan alam dan menjadi bukti kejayaan manusia untuk mengatasi permasilahan dalam kehidupan.

B.    Prof. Dr. Koentjaraningrat
Beliau menyatakan kebudayaan adalah keseluruhan gagasan, karya manusia yang wajib dibiasakan serta semua wujud dari upaya budi pekerti-nya.

C.    R. Soekmono
Berbeda lagi dengan pendapat R. Soekmono, beliau berpendapat bahwa kebudayaan merupakan keseluruhan hasil dari usaha manusia, hasil tersebut bisa berupa buah pikiran maupun berupa benda.
pengertian-kebudayaan
Lanjutan pengertian dan unsur kebudayaan....

7 Unsur Kebudayaan

Dalam setiap hasil kebudayaan yang kita temukan dimana saja dan kapan saja tentu tidak terlepas dari unsur-unsur kebudayaan. Unsur tersebut terdiri dari tujuh macam, yakni:
1.    Religi
Unsur religi dalam suatu kebudayaan dapat diartikan sebagai kepercayaan masyarakat terhadap adanya zat yang lebih berkuasa, yakni Sang Pencipta.

2.    Organisasi Masyarakat
Kedua adalah unsur organisasi masyarakat/ sistem organisasi kemasyarakatan, yakni suatu unsur yang muncul atas dasar kesadaran manusia terhadap penciptaan dirinya. Sadar bahwa manusia merupakan makhluk sempurna yang diciptakan Sang Pencipta namun tetap memiliki kelemahan. Dengan adanya rasa ketidaksempurnaan pada diri manusia inilah yang kemudian menumbuhkan kerjasama antar sesama untuk saling melengkapi dalam suatu organisasi.

3.    Pengetahuan
Pengetahuan disini lebih mengarah pada ide dalam tiap-tiap individu. Dengan kata lain unsur pengetahuan tumbuh karena tiap-tiap manusia mempunyai pemikiran yang berbeda, hal inilah yang perlu disampaikan kepada orang lain sehingga dapat ditarik kesimpulan mengenai kebenaran maupun ketidakbenaran.

4.    Ekonomi
Unsur ekonomi atau sering disebut juga unsur mata pencaharian hidup terlahir karena tiap manusia mempunyai nafsu serta keinginan guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

5.    Teknologi
Unsur teknologi muncul karena manusia sebagai makhluk berakal mampu menciptakan/ membuat benda guna mempermudah memenuhi kebutuhan hidupnya.

6.    Bahasa
Unsur bahasa terlahir sebagai simbul dan kode untuk berkomunikasi dengan sesama. Pada perkembangannya kode-kode tersebut berubah menjadi suatu ucapan sebagai bentuk komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat.

7.    Seni
Dengan 6 unsur di atas sebenarnya kebutuhan fisik manusia telah terpenuhi, akan tetapi selain kebutuhan fisik manusia juga membutuhkan pemenuhan psikis, nah dengan adanya kebutuhan psikis tersebut munculah sesuatu yang dapat memuaskan yakni kesenian.

Nah bagaimana sobat Setelah membaca artikel mengenai pengertian dan unsur kebudayaan di atas apakah sudah cukup memberikan penjelasan mengenai pengertian kebudayaan dan 7 unsur kebudayaan yang terdapat di dalamnya? Semoga dapat kamu jadikan sebagai referensi dalam belajar.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top