Mengkaji Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Tahukah kamu jika nenek moyang bangsa Indonesia terbagi akan 3 kelompok ras?
Untuk mengetahui mengenai pertanyaan tersebut silahkan simak materi terkait persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di bawah ini.

Keanekaragaman hasil kebudayaan di nusantara menumbuhkan rasa penasaran bagi setiap orang yang mengkaji mengenai materi asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Dari hasil penelitian para ahli memang terdapat beberapa perbedaan dalam penelitian dan teori mereka. meskipun demikian pada kesempatan kali ini kita tidak akan mempermasalahkan mengenai teori-teori yang mereka kemukakan karena kita akan membahas mengenai persebaran nenek moyang.

Jika dalam benak kamu terdapat pertanyaan mengenai perbedaan bahasa, suku, dan ras yang ada di Indonesia tentu hal itu menjadi wajar kita pertanyakan. Namun setelah kita kaji mengenai sejarah, tentunya kita akan menemukan kebenaran dan penjelasan mengenai pertanyaan tersebut.

Persebaran nenek moyang bangsa Indonesia  jika dikelompokkan dalam ras, nenek moyang bangsa Indonesia terdiri dari 3 kelompok ras, yakni ras Melanosoid, ras Proto Melayu, dan ras Deutro Melayu. 
•    Ras Melanosoid
Kelompok ini  memiliki ciri berambut keriting, kulit hitam pekat, serta bibir yang tebal. Kelompok ras ini diyakini menduduki daerah kepulauan Papua, kepulauan Aru, dan kepulauan Kai.
•    Ras Proto Melayu
Ras proto melayu merupakan sebutan untuk ras melayu yang datang ke kepulauan Indonesia pada gelombang pertama. Kelompok ras ini diyakini menduduki daerah Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, Nias, Rejang, dan Pulau Lombok.
•    Ras Deuntro Melayu
Ras Deuntro Melayu merupakan sebutan untuk ras melayu yang datang ke Indonesia pada gelombang kedua. Hal ini berarti Deuntro Melayu datang ke Indonesia jauh setelah Ras Proto Melayu menduduki dan bermukim di Indonesia. Kelompok ras terakhir ini menduduki daerah kepulauan Jawa, meliputi Jawa, Madura, sebagian Sumatera, Pulau Bali, serta sebagian di Sulawesi.

Nah semoga materi persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di atas dapat kamu jadikan sebagai referensi tambahan dalam belajar.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top