Cerita Gunung Tangkuban Perahu

Gunung tangkuban perahu selain menyimpan keindahaan alam namun juga menyimpan sejuta misteri. Tak heran jika cerita gunung tangkuban perahu seringkali dikaitkan dengan legenda dan mitos masyarakat sekitar. Dengan banyaknya mitos dan legenda serta dongeng mengenai asal usul tangkuban perahu disini kita akan mengungkap fakta dibalik kejadian-kejadian alam yang ada di sekitar gunung tangkuban perahu.

Sedikit gambaran mengenai cerita gunung tangkuban perahu yang beredar di masyarakat, dikisahkan ada seorang wanita yang menikah dengan seekor anjing dan memiliki anak dengan nama “sangkuriang”. Singkatnya atas suatu peristiwa yakni terbunuhnya anjing oleh sangkuring membuat murka ibu-nya hingga memukul dan mengusirnya dari rumah. Setelah puluhan tahun sangkuriang tidak sengaja bertemu dengan ibunya dan jatuh hati pada-nya. Pada awalnya keduanya telah sepakat untuk menikah karena ketidaktahuan mereka, namun setelah mendekati waktu pernikahan sang ibu mengetahui akan status sangkuriang adalah anaknya, untuk menggagalkan niat sangkuriang menikahi dirinya, ibunya memberikan syarat agar sangkuriang membuat danau dan juga perahu besar dalam waktu satu malam. 
cerita-gunung-tangkuban-perahu

Lanjutan mengenai cerita gunung tangkuban perahu dikait-kaitkan dengan makhluk ghaib, dimana sangkuriang meminta bantuan pada jin untuk membangun apa yang diinginkan calon istrinya yang tidak lain adalah ibunya sendiri. Akan tetapi apa yang disyaratkan oleh ibunya tersebut belum tuntas dikerjakan pagi tengah menjelang, akibatnya para jin yang membantu sangkuriang bergegas pergi meninggalkan pekerjaan. Kemudian sangkuriang yang marah karena tidak selesainya pekerjaan tersebut menendang perahu sampai terbang jauh dan mendarat di tengah hutan dengan keadaan terbalik dan menjadi sebuah gunung yang kini kita kenal dengan gunung tangkuban perahu.
cerita-gunung-tangkuban-perahu

Cerita di atas merupakan cerita gunung tangkuban perahu versi legenda yang belum tentu nyata kebenarnya. Hal tersebut sangatlah berbeda dengan fakta yang terjadi pada gunung yang berada di propinsi jawa barat tersebut.

Para ahli geologi meyakini bahwa gunung tangkuban perahu terbentuk karena adanya aktivitas letusan gunung berapi sunda pada masa prasejarah. Gunung Sunda sendiri memiliki riwayat letusan sebanyak 7 kali dalam selama dua abad terakhir.

Gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 2.000 meter diatas permukaan laut tersebut hingga kini masih dinyatakan aktif, setidaknya masih terdapat 9 kawah yang senantiasa diawasi oleh Badan Vulkanologi dan Geofisika.

Mengenai riwayat letusan gunung tangkuban perahu dapat disimik dibawah ini.
TAHUN
JENIS LETUSAN
1829
Erupsi abu dan batu dari kawah Ratu dan Domas
1846
Erupsi dan peningkatan
1896
Terbentuk fumarol baru di sebelah utara kawah Badak
1900
Erupsi uap dari kawah Ratu
1910
Kolom asap membubung setinggi 2 km di atas dinding kawah
1926
Erupsi freatik di kawah Ratu membentuk lubang Ecoma
1935
Fumarol baru disebut Badak terjadi
1952
Erupsi abu didahului oleh erupsi hidrothermal
1957
Erupsi freatik di kawah Ratu
1961
Erupsi freatik
1965
Erupsi freatik
1967
Erupsi freatik
1969
Erupsi freatik didahului oleh erupsi lemah
1971
Erupsi freatik
1983
Awan abu membubung setinggi 159 m di atas Kawah ratu
1992
Erupsi freatik
1994
Erupsi freatik
2013
Erupsi freatik
Cerita gunung tangkuban perahu di atas merupakan cara kita mempelajari legenda yang beredar di masyarakat dan mempelajari ilmu geologi. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa legenda yang beredar di masyarakat sama sekali tidak ada kebenaranya, melainkan sekedar cerita penghangat suasana.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top