Fungsi Seni Rupa dan Bentuknya

Tahukah kamu bahwa fungsi dari seni rupa dapat dibagi menjadi dua? Apa sajakah bentuk/ kelompok pembagian seni rupa tersebut? Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut silahkan kamu simak secara cermat uraian ringkas di bawah ini ya.

Dilihat secara fungsional seni rupa dibedakan menjadi 2, yakni Fine Art, dan Applied Art  yang masing-masing memiliki penjelasan sebagai berikut:
1. Fine Art
Dalam bahasa Indonesia Fine Art diartikan sebagai seni rupa murni yang diciptakan sebagai bentuk dari nilai keindahan manusia. Dengan kata lain, hasil dari kesenian ini dimanfaatkan oleh manusia guna memenuhi kepuasan batin saja. Di Indonesia sendiri Bentuk dari fine art ini dapat dengan mudah didapatkan seperti pada: lukisan, pahatan patung, dan grafik.
2. Applied Art
Berbeda dengan Fine Art, Appli Art dalam bahasa indonesia memiliki arti seni rupa terapan yang diciptakan dengan tujuan fungsional. Dengan kata lain, hasil dari karya ini dimanfaatkan manusia guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di Indonesia sendiri bentuk Applied Art sangat banyak dan beragam, sebagai contoh kamu bisa melihat pada hasil produksi: Keramik, Mebeler, tekstil, dll.

Fungsi dari Seni Rupa

Dari uraian di atas dapat kita simpulkan mengenai  fungsi dari seni rupa menjadi dua, yakni:
1. Sebagai pemenuhan kebutuhan batin manusia, dan
2. Sebagai pemenuhan kebutuhan praktis manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Nah dengan memahami fungsi dan bentuk seni rupa tentunya kamu bisa menggali sendiri mengenai contoh dan jenis seni rupa pada lingkungan sekitar kamu serta hasil seni rupa yang kamu gunakan dalam memenuhi kehidupan sehari-hari.
contoh-seni-rupa

Semoga artikel mengenai fungsi seni rupa di atas dapat menambah wawasan serta referensi kamu dalam belajar seni budaya. 
Baca Juga:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top