Makam Sunan Gunung Jati

Sunan gunung jati merupakan salah satu tokoh penyebar agama Islam yang terkenal dengan sebutan Wali Songo. Beliau memiliki nama asli Syarif Hidayatullah yang dilahirkan pada tahun 1450 dari pasangan suami istri Syarif Abdullah dan Syarifah Mada’im. Dari nama kedua orang tuanya yakni syarif dan syarifah tentunya dapat kita ketahui bahwa silsilah sunan gunung jati cukup besar di kalangan orang Islam. Tak heran jika Syarif Hidayatullah menjadi mubaligh yang sangat gentol dalam usahanya menyebarkan agam islam. Konon karomah yang dimiliki Syarif Hidayatullah semasa hidupnya sangat besar sehingga banyak di elu-elukan masyarakat, bahkan hingga sepeninggal beliau makam Sunan gunung jati tetap ramai oleh para peziarah.


Makam sunan gunung jati berada di Cirebon, lokasinya memang di atas perbukitan. Selain menjadi makam Syarif Hidayatullah, kawasan ini juga menjadi komplek pemakaman keluarga keraton cirebon. Karena itu pula hingga saat ini makam keduanya dikelola oleh keluarga kraton dan sebagai keamanan dan petugas lainnya diambilkan dari abdi dalem keraton cirebon.

Bagi Anda yang ingin berziarah ke makam sunan gunung jati ada baiknya menjaga stamina tubuh karena untuk menuju makam Syarif Hidayatullah kita harus menaiki tangga yang cukup tinggi. Jika digambarkan mungkin bisa dikatakan komplek makam ini mirip dengan komplek makam raja-raja mataram di Imogiri. Berjalan menuju puncak bukit kita akan melewati tangga yang dikelilingi makam di kanan dan kiri anak tangga. Sebagaimana komplek makam pada umumnya dalam komplek makam ini juga terdapat beberapa bangungan dan yang berbentuk cungkup dan teras.

komplek-makam-sunan-gunung-jati

Hampir tiap hari makam sunan gunung jati dipadati oleh para peziarah baik yang datang perorangan maupun berkelompong. Terlebih pada malam jumat kliwon atau bulan Maulud seperti saat ini peziarah tampak lebih banyak dan berdesak-desakan. 
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top