Pengertian dan Tujuan Pelayaran Hongi (VOC)

Pengertian pelayaran hongi sering kali menjadi materi sejarah yang susah kita jabarkan. Selain materi dan sumber sejarah mengenai pelayaran tersebut yang sangat minim, kiranya mindset kita sering kali terpengaruh dengan kata “pelayaran” di dalamnya. Untuk memahami pengertian pelayaran hongi akan kami sampaikan uraian berikut.

Pada awal VOC menerapkan sistem monopoli dalam perdagangan rempah-rempah di Indonesia sering kali terdapat pedagang dari luar nusantara yang mengambil rempah-rempah guna dijual kembali ke negara asal mereka. Untuk meminimalisir perdagangan yang dianggap ilegal oleh VOC tersebut pihaknya membuat pasukan yang bertugas untuk menjaga agar tidak ada pedagang yang membeli rempah-rempah langsung kepada masyarakat nusantara pada umumnya dan orang-orang maluku pada khususnya. Nah dengan kaitanya dengan pelayaran hongi, pasukan yang bertugas menjaga agar tidak ada pedagang lain membeli hasil bumi dari nusantara tersebut selalu beroperasi di samudra sekitar perairan maluku dengan menggunakan kapal yang bernama hongi (yakni kapal yang berbentuk seperti kura-kura. Lambat laun operasi VOC ini kemudian disebut dengan “pelayaran hongi”. Dengan adanya pelayaran hongi tersebut maka pedagang yang tidak mematuhi peraturan monopoli dari VOC akan dikenakan sanksi dengan mengambil semua barang mereka, membunuh mereka, bahkan ada pula yang ditangkap dan dijual sebagai budak.
pasukan-voc-beroperasi-menggunakan-kapal-hongi

Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa pengertian pelayaran hongi adalah suatu sistem operasi keamanan VOC yang ber tujuan menjaga, mengawasi, sekaligus mencegah adanya pelanggaran perdagangan dari para pedagang yang mencari rempah-rempah di wilayah nusantara.

Dari tindakan VOC tersebut tentunya menimbulkan dampak baik positif maupun negatif. Di satu sisi dengan diterapkanya monopoli serta pelayaran hongi tersebut VOC semakin berkuasa dan mendapat keuntungan yang berlipat. Sementara di sisi lain masyarakat Nusantara perlahan mulai mengetahui kecurangan yang dilakukan oleh VOC sehingga pada perkembangannya rakyat Nusantara melakukan perlawanan terhadap VOC. Semoga artikel singkat mengenai pengertian dan tujuan pelayaran hongi di atas bermanfaat. Terima kasih.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top