Pengertian Dalam Ekonomi "Neraca Pembayaran dan Fungsi-nya"

Pengertian. Dalam dunia internasional Neraca pembayaran memiliki fungsi utama sebagai rekapan transaksi jual-beli luar negeri. Dalam kata lain setiap transaksi jual-beli antara warga negara dengan warga negara lain. Nah apakah sebelumnya Anda sudah mengetahui pengertian neraca pembayaran? Berikut akan kami sampaikan mengenai pengertiannya tersebut.

Dalam dunia internasional Neraca pembayaran memiliki pengertian suatu catatan sistematis mengenai transaksi jual-beli  antara suatu warga negara dengan warga negara lain. Dari pengertian neraca pembayaran tersebut dapat kita simpulkan bahwa transaksi jual-beli antar negara dicatatan dan dikumpulkan oleh lembaga atau badan tertentu sebagai rekapan data yang nantinya akan berfungsi bagi pemerintah. Mengenai fungsi neraca pembayaran akan kita sampaikan di bawah ini.

Suatu pekerjaan atau tindakan tentunya dilakukan karena ada maksud dan tujuannya, begitu pula dengan pembuatan neraca pembayaran. Fungsi neraca pembayaran dapat kita gambarkan sebagai berikut:
  • Salah satu alat dan data pemerintah dalam menentukan arah kebijakan bidang ekonomi.
  • Data yang dapat dijadikan sebagai rincian transaksi antar negara yang nantinya akan dijadikan bahan evaluasi mengenai pendapatan negara dalam kurun waktu tertentu.
  • Data penjelas sumber penggunaan dan pendapatan devisa suatu negara.
  • Data yang menggambarkan transaksi jual-beli internasional dalam suatu negara.

Mengingat fungsi neraca pembayaran sangat penting, tentunya tiap-tiap negara di dunia senantiasa membuat neraca pembayaran secara sistematis, tidak terkecuali di Indonesia. Guna menentukan kebijakan ekonomi tentunya pemerintah Indonesia telah mempersiapkan neraca pembayaran yang setiap saat diupdate sesuai dengan data di lapangan.

Semoga artikel mengenai pengertian neraca pembayaran dan fungsi-nya di atas dapat menambah pengetahuan kita khususnya di bidang ekonomi baik bagi pelajaran maupun pengetahuan umum yang suatu saat nanti akan bermanfaat bagi kita semua. Selamat belaja.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top