-->

Sejarah Mitos Parangtritis Pantai di Yogyakarta

Parangtritis merupakan salah satu pantai yang terdapat di selatan kota yogyakarta. Hamparan yang luas serta keindahaan-nya membuat pantai ini selalu ramai oleh pengunjung. Mungkin diantara kita pernah atau bahkan sering mengunjungi pantai parangtritis tersebut, namun tahukah kamu mengenai sejarah Mitos Parangtritis pantai di Yogyakarta ini? Untuk mengetahui cerita tersebut ada baiknya kita simak uraian dibawah ini.

Pantai parangtritis sangat erat kaitannya dengan mitos dan misteri Nyi Roro Kidul yang tumbuh di dalamnya. Sejarah mencatat bahwa cerita-cerita mengenai sejarah mitos parangtritis pantai di Yogyakarta beserta Nyi Roro Kidul muncul di kalangan masyaratak khususnya yang berada di wilayah Yogyakarta sejak ribuan tahun silam. Fenomena-fenomena misterius yang terjadi di wilayah pantai parangtritis serta asal usul kisah nyi roro kidul menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke pantai yang terkenal akan ombak ganas-nya tersebut.
sejarah-mitos-prangtritis-pantai-di-yogyakarta
Bertemunya nyi roro kidul dengan raja Mataram yakni Sultan Agung Hanyakrakusuma sebagaimana yang telah kami tulisakan dalam artikel yang berjudul asal usul kisah nyi roro kidul diyakini menjadi awal mula kemunculan legenda yang hingga kini masih terjaga kelestariannya secara turun temurun. Beranjak dari hal tersebut sejarah mitos parangtritis pantai di Yogyakarta juga memiliki beberapa mitos yang hingga kini diyakini oleh masyarakat sekitar. Adapun beberapa fenomena yang kerap terdengar dari warga sekitar adalah sebagai berikut:
•    Pantai parangtritis merupakan pintu masuk atau gerbang kerajaan tak kasap mata yang sering dikenal sebagai kerajaan pantai selatan dengan ratu nyi roro kidul.
•    Barang siapa memakai pakaian berwana hijau dan mandi di pantai parangtritis maka ia akan terseret ombak. Mitos ini diyakini masyarakat sekitar karena warna hijau merupakan warna kesukaan ratu pantai selatan sekaligus sebagai seragam bala tentaranya.
•    Menyimpan lukisan nyi roro kidul diyakini akan ditemui oleh nyi roro kidul baik dalam mimpi atau dalam kenyataan.
sejarah-mitos-prangtritis-pantai-di-yogyakarta

Tiga mitos diatas merupakan keyakinan masyarakat sekitar yang menambah kemistikan sejarah mitos parangtritis pantai di Yogyakarta. Terlepas kepercayaan kita terhadap misteri, legenda, maupun mitos tersebut kembali pada diri kita masing-masing.

the_leader's

Kajian Sejarah | Peristiwa | Agama | Kerajaan | Sosial Ekonomi | Susuanan Acara | Seni Budaya | Info Menarik Lainnya

 
About - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top