Perkembangan Bahasa Indonesia Sebelum Dan Sesudah Kemerdekaan

Bahasa Indonesia merupakan hal penting untuk kita pelajari. Setidaknya selain dapat kita gunakan sebagai pengetahuan di bidang kesusasteraan namun juga dapat menambah wawasan umum kita terhadap negara tercinta. Untuk itu di bawah ini akan kami sampaikan secara singkat mengenai Perkembangan bahasa indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan.

Perkembangan bahasa indonesia sebelum kemerdekaan

Menurut para ahli bahasa indonesia adalah bahasa yang berasal dari bahasa melayu, dimana pada masa kerajaan-kerajaan di nusantara bahasa ini dijadikan sebagai bahasa perdagangan dan bahasa penghubung antara satu suku dengan suku yang lain. Pada perkembangan berikutnya bahasa melayu menjadi sangat umum digunakan oleh masyarakat nusantara (indonesia sebelum kemerdekaan). Perkembangan sebelum kemerdekaan diyakini beriringan dengan penyebaran agama islam di nusantara dan perlahan dikenal sebagai bahasa Indonesia.
gambar-perkembangan-bahasa-indonesia


Pada periode berikutnya, bahasa Indonesia menjadi sangat penting kedudukannya semenjak diikrarkannya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, dimana salah satu dari ketiga ikrar tersebut berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Dengan adanya ikrar tersebut dalam sumpah pemuda, secara perkembangan bahasa indonesia sebelum kemerdekaan menjadi sangat penting dan berarti bagi perjuangan bangsa Indonesia.

Perkembangan bahasa indonesia setelah kemerdekaan

Seiring berjalannya waktu dan berhasilnya Indonesia dalam memproklamirkan kemerdekaan, bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa resmi Negara Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945. Jika kita kelompokan setidaknya terdapat 3 kali bahasa Indonesia mengalami perkembangan setelah kemerdekaan. Adapun proses perkembangan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Ejaan LBK
LBK merupakan kepanjangan dari lembaga bahasa dan kesusasteraan yang bertugas membuat konsep ejaan yang lebih sempurna dari sebelumnya. Dengan adanya ejaan baru ini, pada tahun 1967 pemerintah Indonesia mengumumkan diberlakukan-nya bahasa Indonesia dengan Ejaan LBK.
2.  EYD
Seiring perkembangan dan evaluasi yang dilakukan, pada tahun 1972 pemerintah kembali mengumumkan perubahan ejaan bahasa Indonesia yang digunakan, yakni dengan dikeluarkannya Kepres. Nomor No. 57 tahun 1972 yang kemudian dikenal dengan sebutan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
3. Revisi EYD 1987
Pada perkembangan berikutnya Bahasa Indonesia dengan Ejaan Yang Disempurnakan kembali mendapat revisi dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0543a/U/1987.
4. Revisi EYD 2009
Tidak banyak yang mengetahui bahwa pada tahun 2009 pemerintah kembali menyempurnakan EYD dengan dikeluarkannya PERMEN Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2009 terkait Pedoman Umum Penggunaan EYD.

Dengan membaca artikel singkat tentang Perkembangan bahasa indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan di atas tentunya kita dapat memahami sejarah perkembangan bahasa pada negara Indonesia tercinta. Semoga bermanfaat.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top