Tujuan Dibentuknya VOC di Indonesia

VOC pastinya dibentuk dengan maksud dan tujuan tertentu. Untuk mengetahui apa tujuan dibentuknya VOC di Indonesia di bawah ini akan kami sampaikan mengenai materi tersebut.

Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) merupaka perserikatan dagang Belanda di wilayah Hindia timur yang diprakarsai oleh Olden Barneveld dan Pangeran Maurits. VOC sendiri didirikan pada tanggal 20 bulan Maret tahun 1602. Pada perkembangannya setelah dibentuk nya, VOC memiliki hak istimewa yang diberikan oleh pemerintahan Belanda guna: memonopoli perdagangan; mencetak uang dan mengedarkannya; mengangkat serta memberhentikan pekerja; menyatakan perang; mengadakan perjanjian dengan penguasa daerah; membentuk tentara; serta mendirikan benteng pertahanan.
batavia-dikuasai-oleh-voc-yang-dibentuk-dengan-tujuan-menguasai-perdagangan-internasional

Karena keistimewaan hak yang diberikan kepada VOC ini maka tidak heran jika kongsi perdagangan tersebut berkembang dan semakin besar kekuatannya di Hindia Timur. Pada tahun 1611 pasukan VOC berhasil menguasai Jayakarta (sekarang jakarta) dan mengubah nama Jayakarta menjadi Batavia.

Sementara itu maksud dan tujuan dibentuknya VOC adalah sebagai berikut:
  • Menghindari pertikaian karena perdagangan yang tidak sehat diantara sesama pedagangan Belanda.
  • Memperkuat perdagangan Belanda di dunia Internasional
  • Mencari dana sebagai bantuan terhadap Belanda yang pada waktu itu sedang berperang menghadapi Spanyol.
Catatan sejarah menunjukan bahwa dengan dibentuk nya VOC yang memiliki tujuan utama mencari keuntungan tersebut Belanda benar-benar mendapatkan pemasukan yang signifikan atas hasil dari perserikatan perdagangan VOC. Meskipun dilain sisi Keberhasilan VOC dalam memonopoli perdagangan di Hindia Timur atau Indonesia kerap kali menimbulkan masalah dan perlawanan dari rakyat dan penguasa pribumi namun pemerintah Belanda tetap memberikan dukungan terhadap VOC dalam menguasai perdagangan internasional. Kondisi ini setidaknya terjadi di kawasan Nusantara lebih dari satu abad.

Demikian artikel singkat mengenai tujuan dibentuknya VOC. Semoga dapat menambah wawasan kita semua serta dapat dijadikan referensi dalam mengerjakan tugas maupun PR. Semoga bermanfaat.
Baca Juga:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top