Properti Tari Piring Yang Perlu Kita Siapkan Sebelum Berlatih

Tari piring merupakan salah satu dari sekian banyak kesenian tradisional di Indonesia yang hingga kini masih terjaga kelestariannya. Sebagaimana namanya properti yang digunakan dalam tari piring adalah mangkok berukuran kecil. Tentu sobat semua tidak lagi asing dengan seni tari ini, bagi kamu yang ingin berlatih tari piring ada baiknya memperisapkan properti tari piring. Di bawah ini merupakan daftar properti dalam tari piring yang perlu kita siapkan sebelum berlatih.

1 Piring/ mangkok

Sebagaimana namanya tari piring merupakan sebuah tarian khas tradisional dari Minangkabau. Piring merupakan properti utama yang diperlukan sebelum berlatih kesenian ini.
Masing-masing penari membutuhkan 2 piring yang nantinya dipegang oleh kedua tangannya dalam menari.

2 Selendang

Selendang merupakan salah satu kostum khas yang dikenakan oleh para penari. Properti tari piring ini dibentuk sedemikian rupa menyerupai bentuk rumah gadang pada masyarakat minangkabau.
properti-tari-piring

3 Ikat Pinggang

Ikat pinggang yang digunakan dalam tari piring biasanya berwarna kuning cerah dan sebagian lagi berwarna kuning keemasan. Hal ini akan memberikan pemandangan yang mencolok dan terkesan meriah serta energik bagi setiap penari.

4 Busana

Meskipun dalam berlatih tari piring busana belum tentu dikenakan sesuai prosedur aslinya, namun ketika tampil di depan umum busana para penari lebih dominan mengenakan pakaian khas adat Minangkabau.

5 Alat Musik

Alat musik yang biasanya dimainkan dalam pertunjukan tari piring berupa alat musik tradisional khas dari Minangkabau seperti Bansi, Saluang, Sarunai, Rabab dan lain sebagainya. Pada pertunjukan resmi alat musik ini dimainkan oleh para lelaki yang mengenakan pakaian adat pula.

Kelima alat di atas merupakan properti tari piring yang paling utama digunakan dalam pertunjukan tarian adat khas Minangkabau ini. Untuk mengetahui lebih lanjut sobat semua bisa menonton video di bawah ini.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top