KONSEP KEGIATAN PEMBELAJARAN
KREATIF DAN PRODUKTIF
Oleh: Fitri Susanto
Standar Kompetensi : Menganalisis Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia
Kompetensi Dasar : Periodesasi Perkembangan Budaya Pada Masyarakat Awal Indonesia
ORIENTASI:
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan serta menjelaskan peninggalan kebudayaan masyarakat prasejarah di Indonesia berdasar arkeologi.
2. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis kehidupan masyarakat prasejarah Indonesia berdasar corak kehidupannya.
3. Siswa dapat menyebutkan dan membedakan hasil kebudayaan antara periode waktu tertentu.
B. Materi Ajar
1. Kehidupan prasejarah Indonesia berdasar arkeologi.
2. Kehidupan prasejarah Indonesia berdasar corak kehidupan.
3. Jenis peninggalan kebudayaan prasejarah.
C. Alokasi Waktu
6 jam pelajaran ( 3x pertemuan) dan diluar jam pelajaran.
D. Metode Pembelajaran
...........................................
E. Langkah
1. .......................................
2. .......................................
3. .......................................
4. .......................................
F. Hasil yang diharap
Diharap siswa aktif dalam diskusi kelompok maupun Tanya jawab mengenai materi tersebut sehingga mampu mewujudkan tujuan dari pembelajaran Periodesasi Perkembangan Budaya Pada Masyarakat Awal Indonesia.
G. Penilaian
1. .......................................
2. .......................................
3. ........................................
Eksplorasi:
A. .......................................
B. .......................................
C. .......................................
Interprestasi:
A. .......................................
B. .......................................
C. .......................................
Rekreasi:
.......................................
.......................................
.......................................
EVALUASI:
A. Dari Proses pembelajaran.
1 .......................................
2 .......................................
3 .......................................
B. Dari Hasil pembelajaran/ tugas.
.......................................
.......................................