-->

Kejayaan Kerajaan Sriwijaya Masa Kepemimpinan Bala Putra Dewa

Tahukah kamu siapa raja Sriwijaya yang mengantarkan 'kejayaan Kerajaan Sriwijaya'? Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan yang didirikan oleh Sri Jayanasa atau Dapunta Hyang sekitar tahun 671 tepatnya berada di wilayah Pulau Sumatera . Perjalanan sejarah kerajaan sriwijaya yang sangat panjang membuat penafsiran yang berbeda antara satu dengan yang lain. Silih bergantinya tapuk kekuasaan serta pusat pemerintahan diperkirakan menjadi pemicu perbedaan penafsiran mengenai kerajaan tersebut. Dalam sejarah kerajaan sriwijaya setidaknya tapuk kekurasaan serta pusat pemerintahan sering berpindah-pindah. 

Kekuasaan terbesar dalam sejarah kerajaan sriwijaya tercatat pada kekuasaan dinasti Syailendra dan dinasti Sanjaya. Dalam perkembangan selanjutnya pusat kerajaan sriwijaya pernah berada di Sumatera dan Jawa.


Kejayaan Kerajaan Sriwijaya 

Adalah Bala Putra Dewa, seorang raja yang mampu mengantarkan sriwijaya pada masa keemasan.  Meskipun kerajaan maritim tersebut hampir hancur karena perang saudara dalam merebutkan kekuasanan namun keberlangsungan kerajaan sriwijaya tetap tumbuh dengan berpindahnya Bala Putra Dewa ke Sumatera. Di Pulau Suamatera tepatnya Swarnadwipa Bala Putra Dewa kembali membangun Sriwijaya dengan sisa-sisa kekuatannya pada abad IX. Salah satu bukti keberhasilan Bala Putra Dewa dalam membangun kembali kerajaan sriwijaya adalah dengan ditemukannya prasasti Nalanda di India. Hal ini membuktikan bahwa kerajaan sriwijaya merupakan kerajaan yang sangat kaya dengan raja-nya Bala Putra Dewa serta memiliki hubungan baik dengan kerajaan di India sekaligus menggambarkan kejayaan kerajaan sriwijaya pada masa kepemimpinan Bala Putra Dewa. 

Selain kerjasama dengan kerajaan di India Bala Putra Dewa juga sering mengirim utusan kepada kerajaan lain, salah satu yang tertulis dalam sumber sejarah yakni kerajaan di China pada pertengahan tahun 853. Sejarah perjalanan sriwijaya dibawah kepemimpinan Bala Putra Dewa kian hari kian menjadi. Kekuatan serta kecerdasan dalam membangun hubungan dengan kerajaan lain membuat kerajaan ini mampu menguasai kerajaan-kerajaan lain di wilayah Sumatera. 
kejayaan-kerajaan-sriwijaya
Selain wilayah kekuasaan yang meningkat, Bala Putra Dewa juga mampu menguasai jalur perdagangan utamanya adalah selat malaka. Dengan demikian pemasukan dan pendapatan kerajaan sriwijaya sangat besar. Selain dari sektor pertanian dan hasil bumi, bea cukai dan upeti dari para pedagang yang melalui selat malaka juga menjadi pendukung pesatnya laju pertumbuhan ekonomi kerajaan tersebut. 

Demikian artikel mengenai Kejayaan Kerajaan Sriwijaya Masa Kepemimpinan Bala Putra Dewa, semoga dapat memberikan gambaran bagi anda tentang kerajaan sriwijaya.

the_leader's

Kajian Sejarah | Peristiwa | Agama | Kerajaan | Sosial Ekonomi | Susuanan Acara | Seni Budaya | Info Menarik Lainnya

 
About - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top