MAKAM PAHLAWAN DR. GSSJ RATULANGIE


Menyambangi kota Minahasa kita akan sangat dimanjakan dengan keadaan alam yang sangat mengesankan, hamparan perbukitan serta perkebunan yang luas menjadi salah satu ciri kota ini. Selain tata kota yang sangat simple, Minahasa juga banyak memiliki tempat wisata sejarah yang sangat erat kaitannya dengan perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Salah satu tempat wisata sejarah yang terdapat di Minahasa ialah Makam Dr. GSSJ. Ratulangie. Dibawah ini merupakan uraian singkat mengenai Sam Ratulangi yang kita kenal sebagai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia.

Sam Ratulangi merupakan seorang politikus dari Minahasa, Sulawesi Utara. Beliau lahir pada tanggal 5 November 1890 di Tondano dan doberi nama Dr. Gerungan Samuel Jacon Ratulangi. Berdasarkan SK Presiden nomor 590/1961 beliau diangkat sebagai pahlawan kemerdekaan nasional.
Selain dikenal sebagai pahlawan kemerdekaan, Sam Ratulangi juga dikenal sebagai tokoh multidimensional. Salah satu filsafatnya yang sangat terkenal hingga saat ini ialah “Si tou timou tou” artinya “manusia baru dapat disebut sebagai manusia jika sudah dapat memanusiakan manusia.
Sam Ratulangi mendapatkan gelar doktor di bidang studi filsafat dan matematika dari Vrije Universiteit Van Amsterdam (Belanda). Keberhasilan beliau di bidang pendidikan tidak menjadikannya lupa terhadap tanah kelahiran, Sam Ratulangi kembali dengan bekal Ilmu yang dimilikinya guna memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Salah satu Perjuangannya ialah dalam menghapuskan kebijakan kerja paksa di Minahasa. Setelah Indonesia merdeka Sam Ratulangi diangkat sebagai Gubernur pertama propinsi Sulawesi Utara. Kemerdekaan Indonesia tidak serta merta menghentikan perjuangan beliau dalam melawan penjajah. Terbukti pada masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Sam Ratulangi seringkali berselisih pendapat dengan pihak Belanda yang kemudian ditangkap dan diasingkan ke Papua. Pada tanggal 30 Juni 1949 Sam Ratulangi wafat dalam tahanan belanda ke Jawa. Kini nama Sam Ratulangi diabadikan dalam sebuah bandar udara serta Universitas di Manado. Beliau dimakamkan di sebuah perbukitan yang masuk kelurahan wawalintouan, kecamatan Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara.
Demikian sedikit uraian mengenai makam Dr. GSSJ. Ratulangie. Jika anda berkunjung ke Minahasa, jangan lewatkan makan tersebut sebagai tambahan wawasan anda. Semoga bermanfaat :)
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top