ASIA TIMUR RAYA

Pada awal masa Showa pemerintah dan militer kekaisaran jepang menciptakan kawasan kemakmuran bersama asia timur raya. Tujuan dari diciptakannya kawasan kemakmuran bersama asia timur raya yakni untuk mendirikan blok negara-negara asia di bawah pimpinan kekaisaran jepang sehingga bisa terbebas dari kekuatan bangsa barat.
Guna mewujudkannya, jepang mencoba menerapkan sistem blok yen atau sering juga disebut imperialisme finansial kepada negara-negara yang menjadi koloni jepang. Perang sino-jepang ke-2 pada tahun 1937 merupakan wujud dari diterapkannya sistem blok yen ini. Fumimaro Konoe yang merupakan perdana menteri jepang pada saat itu berusaha menciptakan negara kesemakmuran bersama Manchukuo, Cina, dan negara lain di Asia agar terbebas dari kolonialisme dan penguasaan bangsa barat. Dalam prakteknya tersebut, jepang juga berusaha mengucilkan Australia dan melakukan operasi militer angkatan laut di samudra Hindia.
Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya bisa dibilang sebagai kedok untuk melakukan agresi militer jepang ke Asia Timur yang diawali pada tahun 1937 sampai akhir PD II.
Jika dilihat dari segi strategi agresi, istilah Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya merupakan usaha propaganda jepang guna mengendalikan negara koloni nya.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top