Manfaat Museum Bagi Pendidikan dan Masyarakat

Manfaat Museum Bagi Pendidikan dan Masyarakat 


Definisi museum dewasa ini Sebuah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat dan pengembangannya, terbuka untuk umum, yang memperoleh, merawat, menghubungkan dan memamerkan, untuk tujuan-tujuan studi, pendidikan dan kesenangan, barang-barang pembuktian manusia dan lingkungannya. Musem mempunyai fungsi sebagai berikut:

a)    Melakukan pengumpulan, perawatan, pengawetan dan penyajian benda yang mempunyai nilai budaya dan ilmiah.
b)     Melakukan urusan perpustakaan dan dokumentasi ilmiah.
c)      Memperkenalkan dan menyebarluaskan hasil penelitian koleksi benda yang mempunyai nilai budaya dan ilmiah.
d)     Melakukan bimbingan Edukatif Cultural dan penyajian rekreatif benda yang mempunyai nilai budaya dan ilmiah. Adapun fungsi lain dari Musem antara lain sebagai:
-          Pusat Dokumentasi dan Penelitian llmiah
-          Pusat penyaluran ilmu untuk umum
-          Pusat penikmatan karya seni
-          Pusat perkenalan kebudayaan antar daerah dan antar bangsa
-          Obyek wisata
-          Media pembinaan pendidikan kesenian dan llmu Pengetahuan
-          Suaka Alam dan Suaka Budaya
-          Cermin sejarah manusia, alam dan kebudayaan
-          Sarana untuk bertaqwa dan bersyukur kepada Tuhan YME.

Di Indonesia, museum yang pertama kali dibangun adalah Museum Radya Pustaka. Selain itu dikenal pula Museum Gajah yang dikenal sebagai yang terlengkap koleksinya di Indonesia, Museum Wayang, Persada Soekarno, Museum Tekstil serta Galeri Nasional Indonesia yang khusus menyajikan koleksi seni rupa modern Indonesia.

Pada tahun 1966, Lembaga Museum-museum Nasional diubah menjadi Direktorat Museum dalam lingkungan Direktorat Jendral Kebudayaan. Tahun 1971, Direktorat Museum mengelompokkan Museum dalam 3 kelompok menurut jenis koleksinya, yaitu: Museum Umum, museum kecil, dan museum lokal. Pada tahun 1975 pengelompokkan diubah menjadi Museum umum, Museum khusus, dan Museum pendidikan. Pada tahun 1980, pengelompokkan tersebut diubah lagi menjadi dua kelompok, yaitu Museum umum dan Museum Khusus. Berdasarkan tingkat kedudukan, Direktorat Permuseuman mengelompokkan Museum Umum dam Museum Khusus menjadi Museum tingkat Nasional, Museum Tingkat Regional (Propinsi), dan Museum Tingkat Lokal ( Kodya / Kabupaten ). Pada tahun 1981, berdasarkan catatan terakhir, di Indonesia ada 135 bangunan Museum.


Artikel di atas terkait dengan: manfaat museum, artikel manfaat museum, manfaat museum kesehatan, manfaat museum bagi masyarakat, manfaat mengunjungi museum, festival museum nusantara, arti museum, manfaat mengunjungi museum geologi, fungsi museum
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top