Perjanjian Tordesillas Dan Saragosa, Kemelut Spanyol Dan Portugis Dalam Menaklukkan Dunia

Perjanjian Tordesillas Dan Saragosa. Kemelut Spanyol Dan Portugis Dalam Menaklukkan Dunia. Perjanjian tordesillas merupakan suatu perjanjian yang dilakukan oleh spanyol dan portugis. Perjanjian ini dipicu keinginan keduanya untuk menguasai dunia. Paus Yulis II mencoba meredamkan perselisihan ini dengan menengahi antara raja portugis dan spanyol dan membuat suatu perjanjian yang disebut sebagai Perjanjian Tordesillas. Perjanjian ini dilakukan oleh portugis dan Spanyol pada tahun 1493. Dinamakan perjanjian Tordesillas karena perjanjian ini dilakukan di daerah Tordesillas.  

Isi dari Perjanjian Tordesillas adalah

pembagian arah pelayaran antara Spanyol dan Portugis. Dalam perjanjian tersebut, Spanyol memiliki hak perdagangan dan pelayaran ke arah barat, sementara Portugis ke arah timur. Perjanjian tersebut berlaku sampai 13 Januari 1750.

Dengan perjanjian tersebut, maka para pedagang Portugis mulai mencari jalan berlayar ke arah timur untuk mencari rempahrempah, sedangkan para pedagang Spanyol berlayar ke arah barat (menuju Benua Amerika). Salah satu akibat dari Perjanjian Tordesillas adalah berkembangnya semboyan 3 G yaitu gospel, gold, dan glory.

Perjanjian saragosa

Perjanjian saragosa
Perjanjian saragosa merupakan perjanjian antara spanyol dan portugis. Kedua negara ini melakukan perjanjian saragosa setelah keduanya bertemu di kepulauan maluku. 

Portugis dan spanyol yang masing-masing mendarat di ternate dan todore hampir bertempur akibat saling menyalahkan dan menuduh melanggar perjanjian Tordesillas yang sebelumnya telah disepakati oleh kedua belah pihak dalam menguasai dunia.

Menindak lanjuti perselisihan tersebut maka kedua negara ini memperbaharui isi perjanjian Tordesillas yang kembali ditengahi oleh Paus pada tahun 1529, dengan kesepakatan baru yang disebut dengan Perjanjian Saragosa.

Isi Perjanjian Saragosa
perjanjian-saragosa

Isi Perjanjian Saragosa adalah sebagai berikut:

·    Pedagang Portugis menguasai daerah perdagangan dari Maluku sampai ke Tanjung Harapan.
·   Pedagang Spanyol menguasai daerah perdagangan di Filipina.

 Dampak atau akibat dari Perjanjian Saragosa


Dampak atau akibat dari Perjanjian Saragosa adalah sebagai berikut:

·      Berubahnya dasar pemikiran tentang Bumi yang dulu dianggap berbentuk datar. Namun, sejak pertemuan antara spanyol dan portugis memberikan bukti bahwa bumi ini bulat.
·         Maluku sebagai pusat perdagangan, sehingga menjadikannya terkenal dengan julukan “The richest islands of the world.”
·         Portugis mulai menanamkan kekuasaannya di Maluku dan memonopoli perdagangan di sana.

Dengan memahami sejarah perjanjian tordesillas dan saragosa di atas semoga menambah pengetahuan bagi anda mengenai isi perjanjian thordesillas, isi perjanjian tordesillas dan saragosa, isi perjanjian tordesillas tahun 1493, isi perjanjian saragosa, perjanjian tordesillas ditandatangani untuk mengakhiri sengketa antara Pogis dan Spanyol. Semoga bermanfaat.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top