Apa Yang Dimaksud Dengan Gempa Dangkal?

Pengertian gempa dangkal. Sebagaimana telah kami tuliskan dalam artikel sebelumnya mengenai pengertian gempa tremor. Jenis dan gempa yang terjadi di dunia sangat beragam dan bermacam-macam. 
Salah satu perbincangan mengenai kegempaan yang sering kita dengar adalah gempa dangkal. Namun tahukah kamu apa pengertian gempa dangkal?

Gempa dangkal adalah gempa bumi yang pusat patahan nya berada di bawah 60 km bawah dari permukaan (bumi).

Gempa bumi dangkal dengan kekuatan di atas 5 SR biasanya mengakibatkan kerusakan berat. Sebagaimana gempa bumi jogja pada tahun 2006 yang lalu juga termasuk dari gempa bumi dangkal telah mengakibatkan banyaknya korban baik korban jiwa maupun korban harta karena porak-poranda nya bangunan di daerah Yogyakarta saat itu. 

Sebagai masyarakat yang tinggal di daerah dengan potensi kegempaan yang cukup tinggi, sudah menjadi hal wajar jika kita mulai sadar akan bahaya dan meningkatkan kewaspadaan kita terhadap bencana gempa bumi yang sering terjadi.
gempa-dangkal

Semoga artikel mengenai pengertian gempa dangkal di atas dapat memberikan gambaran serta kewaspadaan kamu terhadap bencana gempa bumi.
Baca Juga:

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top