Pengertian Gempa Tremor

Gempa bumi memang menjadi salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia. Namun tahukah kamu bahwa gempa memiliki banyak macam dan jenis. Salah satu diantaranya adalah gempa tremor. Bagi  kamu yang sedang mencari mengenai pengertian gempa tremor. Uraian singkat di bawah ini bisa kamu jadikan sebagai referensi mengenai pengertian gempa tremor.

Gempa tremor adalah getaran yang terjadi akibat bergeraknya sebuah patahan secara dikit demi sedikit. Pada umumnya getaran ini tidak mengakibatkan adanya gerakan yang mendadak, namun tetap membuat bumi bergetar.

Jika kita menggunakan alat rekam seismograf. Perbedaan antara gempa dan tremor dapat kita lihat secara jelas. Getaran tremor biasanya terjadi karena adanya aktivitas vulkanik (magma) dalam suatu gunung berapi. Namun tidak menutup kemungkinan getaran tremor juga terjadi pada kasus tektonik yang juga sering disebut dengan aseismic.


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memotivasi munculnya para peneliti mengenai getaran/ gempa tremor di seluruh dunia. Di lain sisi, Indonesia yang banyak memiliki gunung berapi dan memiliki potensi gempa bumi semoga memotivasi kamu semua untuk menjadi ahli dan peneliti di bidang kegempaan. 
Semoga uraian singkat di atas mengenai pengertian gempa tremor dapat bermanfaat bagi kamu semua.

Baca Juga:

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top