Puasa Arafah Adalah Puasa Sehari Sebelum Idul Adha

Puasa Arafah adalah ibadah sunah. Menurut kalender masehi, Hari raya Idul Adha (10 Dzulhijah 1435 H) pada tahun ini jatuh pada tanggal 5 Oktober 2014. Sudah menjadi hal yang wajar jika kita sebagai umat islam senantiasa menanti kedatangan Hari Raya tersebut. Banyak yang tidak mengetahui bahwa sehari sebelum hari raya Idul Adha terdapat ibadah puasa sunah, yakni puasa sunah Arafah. 

Puasa Arafah adalah puasa sunah yang dikerjakan pada tanggal 9 dzulhijah, yang pada tahun 2014 ini Insyaallah jatuh pada tanggal 4 oktober.  Tahukah Anda jika fadilah dari ibadah sunah ini yakni akan dihapuskan dosa-dosa kita pada setahun yang akan datang.

Karena itu pula kaum muslim yang memiliki sifat kehati-hatian selalu mengerjakan puasa sunah Arafah, bahkan pada tanggal 8 dzulhijah terlebih dahulu mengerjakan puasa tarwiyah yang diyakini memiliki fadilah akan dihapuskan dosa-dosa pada satu tahun sebelumnya bagi mereka yang mengerjakan puasa tarwiyah ini.
Bagi Anda yang ingin mengerjakan puasa tarwiyah dan Arafah pada tahun ini segeralah bersiap-siap dan jangan sampai ketinggalan. Sebagai informasi, puasa tarwiyah dan Arafah pada tahun 2014 ini jatuh pada tanggal 3 dan 4 Oktober. Jadi jangan sampai terlewatkan ya.
ibadah-haji

Dengan memahami waktu pengerjaan puasa-puasa sunah di atas semoga dapat menambah amal dan ibadah kita kepada Allah SWT. Namun jangan dijadikan alasan utama mengerjakan puasa Arafah adalah untuk menghapus dosa kita sehingga kita berfikir bebas untuk mengerjakan perbuatan yang berdosa.

Baca Juga:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top