Pengertian, Keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah (Puasa Idul Adha)

Sebagai umat muslim tentunya kita sangat menanti-nanti kedatangan hari raya, baik hari raya Idul Fitri maupun Hari Raya Idul Adha. Selain syarat akan kebersamaan, ibadah-ibadah penambah pahala yang mengikuti hari raya tersebut sangat banyak dan beragam. Salah satu diantaranya adalah puasa Tarwiyah dan Arafah menjelang hari raya Idul Adha. Di bawah ini akan kami uraikan sedikit mengenai pengertian, keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah (Puasa Idul Adha).

Pengertian dan Keutamaan Puasa Tarwiyah.

Meskipun mengenai dalil/ hadits yang dengan tegas menyatakan ibadah puasa tarwiyah tidak ada, namun hal ini tidak menyurutkan semangat umat muslim dalam mengerjakannya. Sebagian ulama besar di Indonesia memberikan pengertian puasa tarwiyah adalah puasa sunah yang dikerjakan pada tanggal 8 Dzulhijah. Masih menurut para ulama di Indonesia, puasa tarwiyah merupakan ibadah yang memiliki  pahala yang besar, keutamaan mengerjakan puasa Tarwiyah yakni dapat menghapus dosa-dosa dalam setahun yang lali. Nah tuh, yang merasa banyak dosa ayo jangan sia-siakan kesempatan emas ini.

Pengertian dan Keutamaan Puasa Arafah

Puasa ini disebut sebagai puasa Arafah karena dikerjakan pada saat jamaah haji sedang melakukan wukuf di padang Arafah yakni pada tanggal 9 Dzulhijah. Menurut para ulama puasa pada hari ini tergolong sebagai puasa sunah. Keutamaan mengerjakan puasa Arafah adalah mendapat pengampunan dosa selama setahun yang lalu. Hayo yang ngaku tiap tahunnya selalu bergelimang dosa mari kita kerjakan puasa sunah ini.

bukit-arafah

Nah dengan mengetahui pengertian, keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah (Puasa Idul Adha) di atas semoga dapat memotivasi kita dalam beribadah kepada Allah SWT dan medapat riho dari-Nya. Aamiin
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top