Peraturan Permainan Bola Basket

Bola basket merupakan salah satu jenis permainan bola besar yang kerap kali dimainkan. Saya yakin pembaca artikel ini pasti juga pernah memainkan permainan tersebut, namun tahukah kamu bagaimana peraturan permainan bola basket?

Secara umum bola basket dimainkan oleh dua kelompok di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5 anggota. Dalam olahraga ini terdapat 2 ring yang masing-masing regu memiliki satu ring. Permainan ini sebenarnya hampir mirip dengan olahraga sepak bola, jika dalam permainan sepak bola pemain harus memasukkan bola ke gawang lawan jika dalam bola basket para pemain harus memasukkan bola ke ring lawan. Yang menjadikan perbedaan mencolok antara bola basket dan sepak bola adalah cara menggiring dan memasukkan bola ke ring lawan. Jika dalam permainan sepak bola pemain menggiring menggunakan kaki, pada permainan bola basket cara menggiring dan memasukkan bola ke ring lawan menggunakan kedua tangan.
gambar-teknik-serta-peraturan-permainan-bola-basket

Olahraga yang berasal dari negara AS ini memiliki teknik dan peraturan dalam memainkan nya. Peraturan permainan bola basket kurang lebih sebagai berikut:

•    Waktu pertandingan
Berbeda dengan permainan sepak bola, di mana waktu pertandingan dalam basketball adalah 4 x 10 menit.
•    Regu
Regu atau kelompok dalam jenis olahraga bola besar ini terdiri dari masing-masing lima anggota.
•    Start
Star dalam permainan basketball diawali dengan lemparan ke atas yang dilakukan oleh wasit utama. Lemparan ini juga sering disebut dengan bola loncat.
•    Goal
Dalam pertandingan ini gol terjadi jika pemain berhasil memasukkan bola ke dalam ring lawan. Dari gol tersebut setidaknya terdapat 3 macam nilai yang masing-masing bernilai 1, 2, dan 3. Nilai gol tersebut ditentukan berdasar jarak tembakan maupun tembakan hukuman.
•    Pelanggaran
Hal yang sering menjadi pelanggaran antara lain adalah teknik dribel, walking, back ball, dan lama memegang/ membawa bola.

Semoga artikel peraturan permainan bola basket di atas bermanfaat bagi kita semua. Jika masih terdapat kekurangan boleh teman semua menambahkan di kotak komentar.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top