Bacaan Niat Wudhu dan Artinya

Wudhu merupakan tindakan yang dilakukan untuk mensucikan diri dari hadas kecil dengan menggunakan air. Sebagaimana ibadah lainnya, dalam berwudhu juga ada bacaan niatnya. Wudhu wajib dilakukan bagi umat muslim yang ingin mengerjakan sholat baik sholat lima waktu maupun sholat sunah lainnya. Bagi Anda yang sedang mencari bacaan niat wudhu dan artinya mungkin buat belajar anak tercinta dibawah ini akan kami sampaikan niat wudhu baik dengan bahasa arab, indonesia, maupun artinya.

 Bacaan arab di atas merupakan niat wudhu dengan lafalt demikian: “Nawaitul wudhuu-a liraf’il hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa”

Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah Ta’ala.”
 
Sebagian ulama berpendapat bahwa bacaan niat wudhu tersebut harus kita lafalkan ketika hendak berwudhu, namun sebagian lagi beranggapan bahwa bacaan wudhu cukup dibaca dalam hati saja. Meskipun demikian semua ulama bersepakat bahwa wudhu merupakan tindakan guna mensucikan diri dari najis kecil.

Perlu kita ketahui bersama bahwa kewajiban berwudhu selain dalam hal mengerjakan sholat juga wajib ketika kita hendak bertawaf di makkah al mukaromah. Sebagian ulama juga menambahkan bahwa menyentuh Al-qur’an juga harus dalam keadaan suci sehingga wajib hukumnya seorang muslim untuk berwudhu sebelum menyentuh/ membaca Al-Qur’an.

Semoga artikel di atas tentang bacaan niat wudhu dapat bermanfaat bagi kita semua.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top