Pengertian Diferensiasi Sosial Beserta Contohnya

Tahukah kamu apa itu pengertian diferensiasi sosial dalam masyarakat serta bentuk-bentuknya? Untuk mengetahui definisi tersebut kita dapat menyimak coretan singkat di bawah ini.

Diferensiasi sosial adalah suatu usaha untuk mengklasifikasikan kelompok masyarakat berdasar pada  perbedaan yang mencolok baik berupa perbedaan fisik, budaya, maupun pekerjaan. Lebih lanjut penggolongan masyarakat ini kemudian secara sadar maupun tidak sadar menimbulkan suatu tingkatan pada kehidupan bermasyarakat.

Adapun ciri-ciri diferensiasi sosial dalam masyarakat dapat dikelompokkan menjadi tiga yakni:

  • Ciri Fisik: penggolongan masyarakat ini terjadi karena adanya perbedaan umum pada fisik seseorang seperti bentuk mata, warna dan bentuk rambut, warna kulit, bentuk hidung dan lain-lain.
  • Ciri Sosial: Penggolongan masyarakat berdasar ciri sosial biasanya terjadi karena perbedaan status sosial pada masyarakat itu sendiri. Dalam hal ini status sosial diukur dari: jabatan, profesi, kekuasaan, gengsi, maupun peranannya dalam bermasyarakat.
  • Ciri Kebudayaan: Penggolongan masyarakat yang satu ini terjadi karena perbedaan pandangan hidup masyarakat satu dengan yang lain. Lebih lanjut mengenai ciri kebudayaan dapat dilihat dari perbedaan kepercayaan/ agama maupun norma yang dianut dalam masyarakat tersebut seperti adat istiadat, kesenian, pakaian yang dikenakan, bahasa yang digunakan, dan lain-lain. 
ilustrasi-diferensiasi-sosial-di-indonesia
Dari pengertian diferensiasi sosial serta ciri-ciri yang telah kita simak di atas tentunya kita bisa membirukan contoh diferensiasi sosial dalam masyarakat kita. Adapun contoh tersebut dapat dilihat di bawah ini:

  • Penggolongan masyarakat karena perbedaan fisik yang kemudian dikenal dengan berbagai ras seperti Mongoloid, Negroid, Kaukasoid, dsb.
  • Penggolongan masyarakat karena perbedaan status sosial dapat kita lihat pada: Kehidupan bermasyarakat di desa seorang pamong desa akan memiliki status sosial berbeda dengan masyarakat biasa hal ini terjadi karena jabatan atau kekuasaan yang berbeda pula.
  • Penggolongan masyarakat karena ciri budaya dapat kita lihat pada keanekaragaman suku di Indonesia seperti suku Minangkabau, Jawa, Toraja Banjar, Dayak, dsb.
Semoga artikel singkat tentang pengertian diferensiasi sosial di atas dapat menambah wawasan kita dalam mempelajari kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top