Sejarah Bola Basket

Salah satu jenis permainan bola besar adalah permainan bola basket. Setelah kemarin kita sempat membahas permainan tersebut dalam artikel berjudul peraturan dalam permainan bola basket sekarang kita akan kembali membahas mengenai sejarah bola basket.

Adalah James A. Naismith, seorang doktor yang pertama kali memperkenalkan olahraga ini kepada masyarakat. Pada awalnya sekitar tahun 1891 James A. Naismith yang berprofesi sebagai guru olahraga disebuah sekolah pelatihan di Amerika Serikat tepatnya Young Mens Christian Association (YMCA) mendapat tugas dari pengawas sekolah untuk menciptakan olahraga baru yang dapat dilakukan di dalam gedung, serta mudah dimainkan dan dipelajari. Hal ini dilakukan karena adanya penurunan minat masyarakat untuk mengunjungi YMCA guna berlatih dan berolahraga, disisi lain pada waktu itu musim dingin berlangsung cukup lama sementara olahraga yang ada pada saat itu dirasa terlalu berat untuk dilakukan di luar ruangan pada musim dingin. Dari sinilah sejarah bola basket dimulai.

Setelah beberapa kali melakukan percobaan dan inovasi Naismith menemukan ide untuk membuat permainan dengan memasukkan bola pada sebuah wadah. Selanjutnya Naismith mendemonstrasikan permainan baru tersebut di hadapan kepala sekolah dan menamainya dengan sebutan basket ball. Dengan adanya permainan baru ini YMCA kembali ramai dipadati orang khususnya anak muda untuk berolahraga dan mempelajari permainan bola basket. Antusias masyarakat terhadap bola basket menjadikan permainan baru ini kesempatan untuk di demonstrasikan pada olimpiade yang berlangsung di negara Perancis pada tahun 1924.
sejarah-singkat-permainan-bola-basket

Pada perkembangan selanjutnya tepatnya pada tanggal 21 Juni tahun 1932 atas prakarsa Dr. Elmer Beny, diadakan konferensi bola basket yang kemudian melahirkan Federation Internasionale de Basketball Amateur atau sering disingkat FIBA.  Dalam olimpiade di Jerman tahun 1936 untuk pertama kalinya olahraga bola basket diperlombakan.

Dalam perjalanan sejarah bola basket Permainan tersebut baru masuk ke Indonesia setelah perang dunia kedua yang di prakarsai oleh para pendatang dari Cina dan berkembang hingga sekarang.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top