Pendiri Kerajaan Kalingga Menurut Prasasti

Siapa pendiri kerajaan kalingga? Kerajaan hindu yang cukup besar dan membawahi hampir seluruh wilayah di Jawa Tengah ini memang terkenal akan kejayaannya pada masa hindu di Indonesia. Kerajaan yang juga memiliki sebutan Holing ini diperkirakan berdiri sejak abad ke-6 dan berkembang hingga abad ke-9.

Minimnya sumber sejarah yang menyatakan pendiri holing menjadikan berita tersebut simpang siur. Beberapa sejarawan berpendapat bahwa Holing berdiri jauh sebelum abad ke-6 dan memiliki pusat pemerintahan di daerah Jepara Jawa Tengah. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan dikatakan oleh para sejarawan. Salah satu pendukung dalam teori tersebut adalah adanya ditemukannya bangunan candi bubrah di kabupaten Jepara. Dengan menarik kesimpulan bahwa bangunan candi biasa didirikan di wilayah keraton menjadi alasan utama para sejarawan menyatakan pusat pemerintahan kerajaan kalingga. Selain bangunan peninggalan tersebut sumber lain yakni berita dari cina menyatakan keberadaan kerajaan Holing di sebelah barat pulau bali dan bersebelahan dengan laut Hindia.
pendiri-kerajaan-kalingga-menurut-prasasti

Dilihat dari namanya kalingga berasal dari bahasa India yakni kerajaan Kaling. Dari nama tersebut sebagian berpendapat bahwa pendiri kerajaan kalingga adalah pecahan dari kerajaan Kaling dari keturunan India. Teori tersebut cukup wajar dibenarkan karena Holing termasuk kerajaan pertama bercorak hindu di Indonesia. Sayangnya sumber sejarah yang menyatakan awal berdirinya kalingga sangat minim, terlebih yang memuat asal usul kerajaan tersebut. 

Kedua prasasti peninggalan kerajaan kalingga yakni prasasti tukmas dan sojomerto sama sekali tidak menyinggung siapa pendiri kerajaan holing. Secara logika berarti prasasti ini dibuat jauh setelah kerajaan berdiri. Begitu pula dengan berita china yang memuat keberadaan kerajaan Holing juga tidak menyatakan asal usul maupun sejarah pendirian holing. Karena itu pula banyak tokoh yang kemudian menjadikan Ratu Sima sebagai tokoh pendiri sekaligus menjadi pemimpin kalingga pada sekitar pertengahan abad ke-6 dan sangat terkenal akan ketegasan dan kebijakasanaan nya. 

Semoga artikel dengan judul pendiri kerajaan kalingga di atas dapat dijadikan sumber referensi belajar sekaligus pembelajaran dalam sejarah. 
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top