Sophie Taeuber Arp, Biografi dan Hari Lahir ke-127

Sophie Taeuber Arp adalah tokoh seniman multi talenta asal Swiss yang tepat lahir pada tanggal 19 Januari 127 tahun silam. Kemampuannya dalam  melukis, memahat, serta menari membuat namanya terkenal dan terkenang hingga saat ini. Tak heran jika pada hari ini Selasa 19 Januari 2016 google doodle memuat sebuah icon yang menggambarkan karya dirinya.

Beliau merupakan seniman wanita berkebangsaan perancis yang lahir pada tahun 1889 di kota Davos salah satu daerah di Swiss. Beliau merupakan anak terakhir dari pasangan Prusia Emil T dan Sophie Taeubur K. Semenjak usia 2 tahun Sophie Taeuber Arp telah ditinggal oleh ayahnya karena penyakit TBC yang ia derita.
sophie-taeuber-arp-biografi-dan-hari-lahir-ke127

Karena hal tersebut pula keluarga Emil memilih pindah ke kota Trogen tempat ibunya menetap karena telah pensiun dari pekerjaannya.

Kemampuan seninya memang telah terlihat sejak masih kanak-kanak yang kemudian diasah melalui pendidikan di Sekolah Seni Terapan St Gallen hingga tahun 1910.

Karena hasil karyanya melalui lukisan indah sejenis abstraksi geometris nama Sophie Taeurebur Arp mulai dikenal oleh masyarakat Swiss dan Perancis pada umumnya.

Hingga sepeninggalnya pada tanggal 13 Januari 1943 Yaeurebur terkenal dengan karyanya di berbagai bidang kesenian mulai dari lukisan, pahatan atau patung hingga seni tari.

Menurut kabar berita, beliau meninggal diusia relatif muda yakni 53 tahun karena keracunan gas monoksida yang bersumber dari sebuah kompor rusak.

Hari Lahir ke-127

Dengan melihat biografi singkat di atas kita dapat simpulkan bahwa pada hari ini Selasa 19 Januari 2016 menjadi hari lahir ke-127 bagi Sophie Taeurebur Arp.
sophie-taeuber-arp-biografi-dan-hari-lahir-ke127

Karena hal itu pula google doolde hari ini memajang sebuah icon semacam lukisan abstraks karya Taeurebur sebagai usaha untuk mengenang jasa-jasa beliau semasa hidupnya tepatnya di dunia kesenian di Swiss.  Selain dikenal sebagai seorang wanita yang berkecimpung di dunia seni, Taeurebur juga dikenal dengan dua gerakannya yakni gerakan kontruktifisme dan Dada.

Saking terkenalnya beliau di Swiss pemerintahan mengabadikan foto dirinya pada sebuah uang kertas 50 franc pada tahun 1995. Hal di atas membuktikan bahwa pemerintahan Swiss sangat menghargai keberadaan serta hasil para seniman. Semoga artikel berjudul Sophie Taeuber Arp, biografi dan hari lahir ke-127 di atas bermanfaat.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top