Persiapan Yang Perlu Dilakukan Menjelang Puasa

“Hal yang paling cepat berlalu ialah waktu”, mungkin suatu kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan sebuah kenyataan yang ada di depan mata sebagaimana bulan Ramadhan 1435 H yang sebentar lagi akan menghampiri kita. Bagi sebagian besar umat islam bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh keistimewaan. Jangan sampai kita menyia-nyiakan begitu saja tanpa ada keistimewaan di dalamnya. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang wajib untuk kita kerjakan. Untuk itu marilah kita bersama-sama melakukan Persiapan Menjelang Puasa Ramadhan 1435 H ini. Untuk mendapatkan manfaat maksimal ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan sebelum kedatangan bulan Ramadhan, diantaranya adalah:

1. Persiapan Spiritual 
Salah satu Persiapan Menjelang Puasa adalah persiapan spiritual. Persiapan Spiritual dalam bahasa arab sering disebut dengan persiapan ma’nawiyah, banyak hal yang dapat kita kerjakan untuk menyambut bulan Ramadhan dengan penuh keimanan. Contohnya adalah: memperbanyak puasa sunah di bulan Sya’ban, memperbanyak membaca al-qur’an, berdoa, dan berdzikir juga merupakan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT secara speritual

2. Persiapan Materi 
Sudah menjadi rahasia umum bahwa Menjelang bulan puasa harga kebutuhan pokok selalu mengalami kenaikan, apalagi puasa tahun ini berdekatan dengan pesta demokrasi di Indonesia, maka dari itu Persiapan Menjelang Puasa dapat anda mulai dengan persiapkan Materi/ finansial agar kebutuhan keluarga anda akan terjamin selama bulan puasa.

3. Persiapan Akal 
Dalam upaya mempersiapkan akal anda dapat melakukan dengan mempelajari ilmu khususnya ilmu agama seperti tuntunan puasa ramadhan maupun tuntunan ibadah yang lainnya. Dengan melakukan pendalaman mengenai ilmu tersebut diharapkan anda akan paham mengenai makna sekaligus tujuan dari ibadah yang akan anda kerjakan.

4. Persiapan Fisik 
Persiapan fisik dalam ibadah puasa sangat penting, jangan sampai anda kehilangan pahala karena jatuh sakit/ kurang enak badan dan berakibat terganggunya ibadah puasa anda. Untuk itu menjaga kebugaran dengan berolahraga, makan makanan yang bergizi, dan mengurangi kebiasaan buruk seperti rokok dan kopi bisa menjadikan alternatif dalam upaya menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh anda. Mudah-mudahan dengan melakukan Persiapan Menjelang Puasa jauh-jauh hari dari datangnya bulan Ramadhan 1435 H ini ibadah anda akan semakin meningkat. Saya yakin upaya dan usaha yang telah anda lakukan sejak kini akan mendapatkan pahala tersendiri dari Allah SWT, Aamiin. by: fitri susanto
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top