Fungsi dari Seni Kriya Beserta Contohnya

Setelah kemerin kita sempat membahas mengenai pengertian seni kriya beserta contohnya. Kini kita bisa melanjutkan pembahasan mengenai fungsi seni kriya. Apa saja fungsinya mari kita simak bersama.
Seni kriya memiliki beberapa fungsi, sitidaknya terdapat 3 pengelompokan fungsi seni kriya. Yaitu:

A. Sebagai Dekorasi

Hasil dari kerajinan tangan baik di Indonesia maupun mancanegara memang sangat banyak dan beragam, namun fungsi utama dari produk tersebut dikelompokkan menjadi tiga dan salah satunya adalah sebagai dekorasi atau sering juga disebut hiasan.

Hasil kreativitas ini mayoritas menunjukkan kualitas rupa daripada manfaatnya. Tidak heran jika bentuk dari seni kriya yang berfungsi sebagai dekorasi ini memiliki pengembangan. Contohnya adalah: lukisan, hiasan dinding, patung naga, patung singa, dan karya ukir, guci, vas bunga, dll.

B. Sebagai Produk Siap pakai

Jika seni kriya dekorasi lebih mengutamakan bentuk daripada fungsi-nya, berbeda lagi dengan hasil tangan yang satu ini. Sebagaimana judul pengelompokan-nya “produk siap pakai” jelas disitu terlihat bahwa hasil dari kerajinan tangan ini lebih mengutamakan kegunaan sebagai barang yang berguna. Namun demikian unsur-unsur seni kriya di dalamnya tetap terjaga tanpa kurang sedikitpun.
Di daerah kita sendiri, contoh dan bentuk seni kriya berupa produk siap pakai banyak dan mudah kita temukan. Contohnya: almari, meja, keramik lantai, pintu, dll.

C. Sebagai Barang Mainan

Permainan-permainan yang acapkali kita mainkan sewaktu kecil setidaknya dapat menggambarkan mengenai fungsi seni kriya sebagai benda mainan. Sebagai benda mainan produk yang dihasilkan tentu mengutamakan fungsinya sebagai mainan. Contohnya seperti: Papan dakon, Kipas kertas, Pistol-pistolan, Boneka, Kitiran, dll.
fungsi-seni-kriya

Di atas merupakan pengelompokan fungsi seni kriya yang dapat kita temukan di daerah kita masing-masing. Tentunya sekarang sudah tidak bingung lagi kan mengenai pengelompokan seni kriya berdasar fungsinya? Selamat berkarya.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top