Pengertian Seni Kriya Beserta Contoh-nya

Pengertian. Seni kriya merupakan salah satu hasil karya manusia yang tercipta oleh tangan-tangan trampil. Di Indonesia sendiri seni kriya dikenal sejak masa pra sejarah, hal ini dapat dibuktikan dengan berbagai peninggalan pra sejarah yang hingga kini masih banyak diteliti oleh para ahli baik dalam negeri maupun manca negara. Bagi Anda yang sedang belajar maupun mencari pengertian seni kriya di bawah ini akan kami uraikan secara singkat beserta contoh-nya.

Definisi Seni Kriya

Jika Anda pernah belajar ataupun mendengar bahasa sansekerta, maka dari sinilah kata kriya berasal yakni dari kata “Kr” yang memiliki makna “mengerjakan”. Dalam perkembangan selanjutnya kata tersebut berubah dengan sebutan “kriya”, bisa juga kita sebut dengan “kerja”. 
Berbeda dengan bahasa sansekerta, bahasa indonesia memiliki definisi tersendiri mengenai kata “kriya” yakni “kerajinan tangan”. 

Pengertian Seni Kriya

Dari definisi di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa seni kriya adalah benda atau produk yang di buat dengan keterampilan  tangan manusia sebagai barang siap pakai/ digunakan.

Contoh Seni Kriya

Jenis dan bentuk seni kriya sangat beragam, di bawah ini merupakan beberapa macam seni kriya yang ada di nusantara:
Batik
Lukis
Keramik 
Relief
Ukir, pahat (biasanya berbentuk kayu)
Wayang kulit
Cidera mata (gantungan kunci)
Dan masih banyak lagi macam dan jenisnya.

macam-macam-seni-kriya
Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang memiliki beragam kebudayaan yang menjadi ciri khas kekayaan Negara. Tak heran jika jenis dan macam seni kriya yang ada di nusantara sangat banyak dan beragam.

Dengan memahami mengenai pengertian seni kriya di atas semoga dapat memotivasi kita untuk senantiasa berkarya dengan intelek dan keterampilan. 
Baca Juga:

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top