Makam Seniman di Imogiri

Makam seniman Imogiri masih terletak di komplek makam raja-raja Mataram yakni di dusun Pajimatan, Wukirsari, Bantul, Yogyakarta. Makam ini diberi nama “Makam Giri Sapto” sebagai wujud aspirasi dari sang penggagas yakni R.M.H Sapto Hoedojo.

Jika Anda melakukan perjalanan dari pusat kota Jogja, Anda bisa menemukan rute tempat ini melalui jalan Imogiri Timur, ikuti saja jalan tersebut sampai ada penunjuk arah menuju makam raja-raja Mataram maupun makam Seniman. Perjalan menuju makam ini memakan waktu kurang lebih setengah sampai satu jam dengan menggunakan kendaraan bermotor berkecepatan sedang.

Makam yang dibangun pada tahun 1988 ini merupakan komplek makam para seniman terkenal. Diantara para seniman yang dimakamkan di komplek ini antara lain: Seniman lukis Indonesia Sudarso, Affandi, DR. Liberty Manik )Pencipta lagu nasional Satu Nusa Satu Bangsa), Kusbini (Pencipta lagu nasional Bagimu Negeri), Molatua Pardosi Siagian yang terkenal melalui lagu ciptaannya yakni Indonesia Tanah Yang Kucintai.

giri-sapto

Nama-nama dari seniman yang dimakamkan pada komplek di atas hanyalah beberapa dari keseluruhan seniman baik seniman nasional maupun lokal.

Berbicara mengenai tempat ini tentunya Anda merasa penasaran seperti apa suasana dan panorama yang ada di komplek pemakaman tersebut.

Pemakaman yang digagas oleh Sapto Hoedojo ini terlihat memiliki konsep dengan nilai seni tinggi. Terlihat mulai dari gapura dan tangga pintu masuk yang dibuat megah dan kokoh. Bahkan pada saat gempa Jogja 2006 konstruksi dari makam ini tidak mengalami kerusakan yang berarti.

Komplek pemakaman seniman Imogiri ini dikelilingi dengan lahan-lahan rimbun, di depannya terdapat lahan/ hutan pohon kayu putih. Tempat parkir yang luas serta lengkungan gerbang menjadi ciri khas pintu masuk taman pemakaman ini. Selain terdapat tangga yang cukup tinggi di samping kanan dan kiri dari jalan terdapat beberapa pot bunga sangat besar bertuliskan aksara jawa yang saya tidak tau arti dari tulisan tersebut hehe.

Selain digunakan sebagai pemakaman, tempat ini juga sering digunakan masyarakat sekitar yang sekedar bersantai maupun berfoto-foto. Saat kami mengunjungi komplek ini terlihat beberapa anak muda memanfaatkan tempat ini sebagai tempat olahraga dengan berlarian dan naik turun tangga yang relatif lebar dan luas tersebut.


Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata di Bantul khususnya di daerah Imogiri ada baiknya sekalian mampir ke komplek makam seniman Imogiri ini. Tidak perlu kuatir mengenai tiket, karena selama saya berkunjung ke tempat ini belum pernah menjumpai adanya petugas maupun loket tiket yang Ada. Selamat Berwisata.
Baca Juga:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top