Biodata Pangeran Diponegoro

Siapa yang tak mengenal pahlawan nasional dari keturunan kerajaan Mataram ini. Diponegoro memang merupakan sosok pahlawan yang banyak di elu-elukan oleh rakyat Indonesia. Perjuangannya dalam melawan kesewenang-wenangan penjajah banyak meninggalkan cerita dan inspirasi bagi generasi muda Indonesia. Bagi Anda yang ingin mengetahui mengenai biodata Pangeran Diponegoro, di bawah ini akan kami uraikan mengenai biodata beliau secara singkat. biodata-pangeran-diponegoro

Biodata Pangeran Diponegoro

Nama Kecil          :  Bendoro Raden Mas Ontowiryo
Nama Kenal          :  Pangeran Diponegoro
Tempat Lahir          :  Ngayogyakarta, 11 November 1785
Agama          : Islam
Wafat          : Makassar, 8 Januari 1855
Jabatan dalam Keraton  : Pendamping Hamengkubuwono V
Gelar          : Pahlawan Nasional

Diponegoro merupakan seorang keturunan dari kerajaan Mataram Islam, yakni putra dari Hamengkubuwono III sedangkan ibunya bernama Raden Ayu Mangkarawati (seorang selir). Beliau memiliki 9 Istri termasuk di dalamnya selir. 

Sebagaimana sejarah Pangeran Diponegoro yang pasti sudah kamu ketahui, Diponegoro merupakan sosok keturunan keraton yang bersifat arif dan bijaksana. Konon karena sikapnya yang rendah hati, beliau tidak menginginkan menjadi seorang raja dan memilih untuk hidup sederhana.

Semoga uraian singkat mengenai biodata Pangeran Diponegoro di atas bermanfaat bagi kamu dalam belajar sejarah, pahlawan nasional maupun pengetahuan umum. Jangan tanya apa pendidikan terakhir beliau, karena pada masa tersebut bangsa Indonesia belum mengenal bangku sekolah.
Baca Juga:

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top