Latar belakang perjanjian tuntang beserta Isin nya

Tahukah kamu bahwa perjanjian tuntang menjadi salah satu perjanjian antara Belanda dan Inggris yang berdampak terhadap Indonesia. Bagaimana latar belakang perjanjian tuntang dan isi perjanjian tuntang bisa kita simak di bawah ini.

Latar belakang perjanjian tuntang

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa serikat dagang belanda di Hindia Belanda yang terkenal dengan singkatan VOC mengalami kemunduran dan terpaksa harus dibubarkan pada tahun 1799 oleh pemerintahan Belanda. Sementara disisi lain Inggris telah memperluas agresinya hingga ke daratan Indonesia. Mengikuti peristiwa tersebut  Louis Bonaparte yang merupakan raja Belanda pada masa tersebut menunjuk H.W. Daendels sebagai gubernur jenderal di wilayah asia timur khususnya Hindia Belanda atau Indonesia.

Sebelum akhirnya berujung pada perjanjian tuntang dengan pemerintahan Inggris, Belanda bersikeras untuk mempertahankan Jawa dari serbuan tentara Inggris. Kebijakan menjual tanah kepada pihak swasta kiranya justru menjadikan Dandels terlihat tidak becus dalam mempertahankan kekuasaan di Jawa. Akibatnya pada tahun 1811 gubernur jenderal H.W. Dandels diberhentikan dari jabatannya dan kembali Napoleon mengangkat gubernur jenderal di Hindia Belanda yakni Janssens.
gubernur-jenderal-janssens-tokoh-dalam-perjanjian-tuntang

Pada awal masa kepemimpinannya Jansens langsung mendapat serangan dari tentara Inggris dan pertikaian tidak dapat dihindari, pada perkembangannya perang ini dikenal dengan sebutan perang Napoleon. Pada tersebut, Belanda mengalami kekalahan telak atas Inggris. Kekalahan ini memaksa Belanda untuk mengadakan diplomasi dengan pihak Inggris, tepatnya pada tanggal 18 bulan september tahun 1811 perang Napoleon antara Belanda dan Inggris dihentikan dengan adanya perjanjian tuntang.

Isi perjanjian tuntang

No
Uraian
1
Pemerintah Belanda menyerahkan Indonesia kepada Inggris di Calcuta (India).
2
Semua tentara Belanda menjadi tawanan perang Inggris.
3
Orang-orang Belanda dapat dipekerjakan dalam pemerintahan Inggris

Diplomasi yang kerap juga kerap kali disebut dengan "Rekapitulasi Tuntang" berisikan beberapa poin. Poin penting yang terdapat dalam isi perjanjian tersebut adalah sebagai berikut.

Demikian artikel mengenai latar belakang perjanjian tuntang serta isi perjanjian tuntang yang menandakan berakhirnya kekuasaan Belanda atas Indonesia pada periode 1811. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top