Pengertian Wayang Golek dan Perkembangnya

Wayang golek merupakan salah satu dari sekian banyak jenis kesenian wayang. Untuk mengetahui pengertian wayang golek dapat kamu simak uraian singkat di bawah ini.

Sumber sejarah mengenai lahirnya kesenian wayang golek memang tidak banyak yang bisa kita jadikan pedoman. Akan tetapi beberapa sejarawan dan seniman meyakini bahwa pencetus kesenian wayang golek adalah Sunan Kudus. Pada masa tersebut wayang golek digunakan oleh Sunan Kudus dalam syiar dan dakwah kepada masyarakat. Hal ini dilakukan agar apa yang ingin disampaikan Sunan kepada masyarakat mengenai hukum dan syariat islam bisa lebih dipahami dan diresapi oleh masyarakat.

Pengertian wayang golek
Wayang golek adalah pertunjukan kesenian wayang dimana tokah pewayangan yang digunakan dalam peran suatu cerita menggunakan boneka yang terbuat dari kayu. Sedangkan pemainnya ialah seorang dalang. Sebagai salah satu dari jenis wayang, wayang golek memang memiliki banyak kemiripan dengan wayang kulit khususnya mengenai tokoh dan cerita tertentu.

Perkembangan wayang golek
Pada perkembangannya wayang golek lebih dikenal sebagai kesenian tradisional yang berasal dari Jawa Barat, dimana bahasa dalam pementasan menggunakan bahasa Sunda. Disinyalir wayang golek mulai tumbuh dan berkembang di wilayah Jawa Barat pada pertengahan abad XVII.
wayang-golek

Pada abad XIX pementasan wayang golek mendapat inovasi baru dengan diiringi nyanyian sebagaimana kesenian wayang kulit dimainkan, yakni diiringi dengan seorang sinden yang berperan sebagai penyanyai atau dalam bahasa jawanya disebut dengan “uyon-uyon”. Hingga saat ini kesenian wayang golek masih sering dipentaskan baik dalam acara selamatan maupun sekedar sebagai hiburan semata.

Semoga dengan memahami pengertian wayang golek di atas dapat menumbuhkan kecintaan kita semua terhadap kesenian daerah sehingga dapat melestarikan kebudayaan bangsa yang menjadi kekayaan tak ternilai harganya.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top