Tujuan Pembentukan, Jumlah Anggota, Serta Nama-Nama Anggota PPKI

Sejarah panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) memang sangat erat kaitanya dengan artikel yang telah kami tuliskan mengenai peran BPUPKI dalam persiapan kemerdekaan RI. Terkait dengan materi sejarah tersebut di bawah ini akan kami uraikan mengenai pembentukan PPKI, tujuan pembentukan PPKI, jumlah anggota, serta nama-nama anggota PPKI.

Pembentukan PPKI

Sebagaimana telah kami sampaikan mengenai pembubaran BPUPKI dalam peran BPUPKI dalam persiapan kemerdekaan RI bahwa BPUPKI dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945 yang kemudian guna menindak lanjuti proses persiapan kemerdekaan Indonesia, pada hari itu juga  Jepang membentuk kelompok panitia yang diberi nama Panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau dalam bahasa jepangnya adalah Dokuritsu Junbi Inkai.

anggota-ppki-dalam-persidangan

Tujuan Pembentukan PPKI

Panitia persiapan kemerdekaan Indonesia dibentuk dengan tujuan menindaklanjuti tugas yang telah diselesaikan oleh BPUPKI. Dengan kata lain tujuan pembentukan PPKI adalah mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan sistem pemerintahan suatu negara merdeka.

Jumlah Anggota PPKI

Salah satu bukti persatuan Indonesia pada masa perjuangan ialah jumlah anggota PPKI. Meskipun pusat perjuangan dan kekuatan Indonesia berada di Jawa namun anggota PPKI tidak serta merta terdiri dari orang-orang Jawa. Sedikitnya 21 Anggota yang tergabung dalam Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, terdiri dari berbagai kalangan yang masing-masing mewakili daerah tertentu seperti Jawa, Sumatera, Sulawesi, Maluku, Nusatenggara, serta Kalimantan.

 Nama-nama anggota PPKI

Adapun daftar nama anggota PPKI adalah sebagai berikut:

NO
NAMA
JABATAN
1
    Ir. Soekarno
Ketua
2
    Drs. Moh. Hatta
Wakil Ketua
3
    Prof. Mr. Dr. Soepomo
Anggota
4
    KRT Radjiman Wedyodiningrat
Anggota
5
    R. P. Soeroso
Anggota
6
    Soetardjo Kartohadikoesoemo
Anggota
7
    Kiai Abdoel Wachid Hasjim
Anggota
8
    Ki Bagus Hadikusumo
Anggota
9
    Otto Iskandardinata
Anggota
10
    Abdoel Kadir
Anggota
11
    Pangeran Soerjohamidjojo
Anggota
12
    Pangeran Poerbojo
Anggota
13
    Dr. Mohammad Amir
Anggota
14
    Mr. Abdul Maghfar
Anggota
15
    Mr. Teuku Mohammad Hasan
Anggota
16
    Dr. GSSJ Ratulangi
Anggota
17
    Andi Pangerang
Anggota
18
    A.H. Hamidan
Anggota
19
    I Goesti Ketoet Poedja
Anggota
20
    Mr. Johannes Latuharhary
Anggota
21
    Drs. Yap Tjwan Bing
Anggota

Dari tabel di atas terdapat 1 orang mewakili golongan tionghua, 2 orang mewakili wilayah Sulawesi, 3 orang mewakili wilayah Sumatera, 12 orang mewakili wilayah Jawa, dan sisanya masing-masing mewakili wilayah Nusatenggara, Kalimantan, dan Maluku.
Perlu kita ketahui bersama bahwa nama-nama anggota PPKI tersebut merupakan anggota yang diangkat oleh Jepang. Sementara dalam perkembangannya Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia tanpa sepengetahuan Jepang mengangkat anggota-anggota baru, adapun nama-nama anggota yang diangkat tanpa sepengetahuan Jepang tersebut adalah sebagai berikut

NO
NAMA
JABATAN
1
    Achmad Soebardjo
Penasehat
2
    Sajoeti Melik
Anggota
3
    Ki Hadjar Dewantara
Anggota
4
    R.A.A. Wiranatakoesoema
Anggota
5
    Kasman Singodimedjo
Anggota
6
    Iwa Koesoemasoemantri
Anggota

Dengan adanya penambahan anggota dan penasehat di atas, maka jumlah anggota PPKI keseluruhan menjadi 27 orang yang pada perjalanannya PPKI melakukan sidang sebangyak 3 kali yakni sidang pertama pada tanggal 18 Agustus 1945, sedang kedua tanggal 19 Agustus 1945 dan seidang ketiga tanggal 22 Agustus 1945.

Dengan membaca artikel singkat mengenai Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia di atas semoga dapat menambah wawasan kita terkait pembentukan PPKI, tujuan pembentukan PPKI, jumlah anggota, serta nama-nama anggota PPKI. Semoga bermanfaat.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top